Pengaruh Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bermerek (Studi Pada Komunitas Pengguna Kamera DSLR Merek Nikon dan Canon)
Main Author: | Arfy, WidyaRizka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120841/1/SKRIPSI_WIDYA_RIZKA_ARFY_%282014%29.pdf http://repository.ub.ac.id/120841/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketiga pengaruh dari reference group terhadap keputusan pembelian Kamera DSLR merek Nikon dan Canon pada komunitas fotografi di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota komunitas fotografer, pecinta fotografi, dan lembaga pers di Kota Malang sejumlah 100 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel reference group dan keputusan pembelian diukur menggunakan skala likert yang telah melalui proses expert judgement dan uji try out. Analisis yang digunakan adalah uji regresi sederhana dengan membandingkan nilai t untuk melihat nilai masing-masing ketiga jenis pengaruh reference group terhadap keputusan pembelian kamera DSLR merek Nikon dan Canon. Hasilnya, ketiga pengaruh reference group berpengaruh terhadap keputusan pembelian Kamera DSLR Nikon/Canon secara parsial, pengaruh normatif memiliki pengaruh terbesar, diikuti oleh pengaruh informatif dan terakhir pengaruh nilai-ekspresif memiliki pengaruh terkecil terhadap keputusan pembelian Kamera DSLR Nikon/Canon.