Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Partisipasi Pada Program Pengelolaan Sampah (Studi pada program (CSR) Community Development oleh PT Gudang Garam, Tbk di Kelurahan Dandangan, Kota Kediri)

Main Author: DianPutraPradana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120840/1/BAB_I-VI_Soft_File.pdf
http://repository.ub.ac.id/120840/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan partisipasi pada program pengelolaan sampah yang dilakukan oleh PT Gudang Garam, Tbk Kediri sebagai bentuk dari pengembangan masyarakat program Corporate Social Responsibility (CSR). Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam proses pemberdayaan masyarakat khususnya program pengelolaan sampah dan respon masyarakat mengenai program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Gudang Garam, Tbk Kediri. Penelitian ini menggunakan konsep pemberdayaan masyarakat dari Jim Ife dan Tesoriero (2008). Sesuai dengan konsep ini, pemberdayaan masyarakat merupakan suatu proses dengan memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatannya. Selain itu, untuk mengetahui keterlibatan masyarakat dalam program pengelolaan sampah, peneliti juga menggunakan beberapa konsep partisipasi dalam melihat keterlibatan secara aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Kesimpulan hasil penelitian (1). Upaya yang dilakukan PT Gudang Garam Tbk dalam memberdayakan masyarakat melalui peningkatan partisipasi pada program pengelolaan sampah di Kelurahan Dandangan dilakukan dengan menggunakan metode bottom up perusahaan lebih berperan sebagai Fasilitator dengan melibatkan masyarakat secara penuh mulai dari tahap persiapan meliputi sosialisasi program, tahap pelaksanaan, pengambilan keputusan terjadi ketidaksesuaian antara kesepakatan perusahaan dengan peserta yang sudah dijanjikan dalam memasarkan kompos yang telah dihasilkan; monitoring dan evaluasi, tahap menikmati hasil masyarakat tidak sepenuhnya menikmati hasil materi, namun secara tidak langsung mereka telah menikmati proses seperti pengetahuan,ketrampilan dan keahlian mereka menjadi bertambah. (2). Respon masyarakat kepada program-program CSR PT Gudang Garam Tbk adalah bahwa PT Gudang Garam Tbk Kediri telah melaksanakan kegiatan CSR lumayan baik, meskipun belum bisa menyentuh akar permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yaitu kebutuhan lapangan pekerjaan.