Pembingkaian Pemberitaan Jelang Pemilukada Kota Malang 23 Mei 2013 (Analisis Framing Rubrik “Menuju Balai Kota” Harian Radar Malang Dan Rubrik “Politika” Harian Malang Post)
Daftar Isi:
- Pemilukada Kota Malang 23 Mei Tahun 2013, Telah Memunculkan Pasangan Aji Sebagai Jawara Dalam Ajang Politik Tersebut. Selama Proses Kampanye, Dua Media Lokal Malang Radar Malang Dan Malang Post Memberikan Rubrik Khusus Bagi Pembaca Agar Lebih Mudah Mendapatkan Informasi Mengenai Peristiwa Ini. Radar Malang Memunculkan Rubrik “Menuju Balai Kota” Dan Malang Post Memunculkan “Politika”. Dua Media Yang Berada Di Bawah Jawa Pos Group Ini Membingkai Peristiwa Yang Sama Dengan Cara Yang Berbeda. Dalam Perbedaan Ini Tampak Adanya Kecenderungan Keberpihakan Media Massa Kepada Politikus. Hal Ini Ditunjukan Dengan Konten Yang Bersifat Menonjolkan Salah Satu Calon Yang Maju. Penelitian Ini Menggunakan Jenis Penelitian Kualitaif Untuk Dapat Memahami Serta Menafsirkan Fenomena Yang Terjadi Dalam Pemberitaan Jelang Pemilukada Kota Malang 23 Mei 2013. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimana Proses Pembingkaian Ini Terjadi Dan Sejauh Mana Pengaruh Yang Diberikan Oleh Pihak Luar Media Terhadap Konten Berita. Untuk Itu Penelitian Ini Menggunakan Metode Analisis Framing Model Pan Dan Kosicki. Berdasarkan Hasil Analisis Dalam Penelitian Ini, Radar Malang Dan Malang Post Menunjukan Adanya Keberpihakan Mereka Terhadap Calon-Calon Yang Mendominasi. Hal Ini Terjadi Karena Adanya Suatu Kedekatan Emosional Dan Profesional Antara Media Dengan Politikus. Radar Malang Selalu Menonjolkan Sosok Pasangan Aji Dengan Hal-Hal Positifnya. Sementara Itu Malang Post Berusaha Mempersuasi Pembaca Bahwa Pasangan Sr-Mk Adalah Yang Terbaik Untuk Memimpin Malang