Penggunaan Media Sosial Dalam Komunikasi Organisasi Akademi Berbagi Nasional
Main Author: | Utami, AzilaPrabaningtyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120777/1/skripsi_fix_azila.pdf http://repository.ub.ac.id/120777/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mendiskusikan mengenai bagaimana penggunaan media sosial dalam komunikasi organisasi akademi berbagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial dalam komunikasi organisasi serta media sosial apa saya yang selama ini telah digunakan oleh akademi berbagi dalam berkomunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis analisa data deskriptif. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu teori informasi organisasi dan teori budaya organisasi. Peneliti memilih wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akademi berbagi menggunakan beberapa media sosial dalam komunikasi organisasinya yaitu ada facebook, twitter, email dan mailing list, website serta whatsapp. Masing-masing divisi organisasi akademi berbagi memiliki kebutuhan informasi yang berbeda yang dibagikan atau disampaikan melalui media sosial yang berbeda pula, disesuaikan dengan karakteristik masing-masing media sosial . Data temuan menunjukkan bahwa media sosial menjadi media komunikasi organisasi. Fitur yang disediakan oleh social media dalam menyampaikan informasi dapat diadaptasi dengan baik untuk keperluan organisasi. Media sosial telah menciptakan suatu bentuk organisasi baru yaitu ,organisasi semi virtual. Organisasi semi virtual adalah organisasi yang orang-orangnya dapat kita temui didunia nyata tetabi berkomunikasi, bergerak dan mengembangkan diri melalui media sosial. Orang-orang dapat menemui mereka didunia nyata maupun didunia maya hal ini yang menyebabkan akademi berbagi dapat berkembang dengan cepat.