Analisis Variabel-variabel dalam Pesan Iklan yang Mempengaruhi Brand Awareness Masyarakat”(Studi pada iklan AXIS di televisi versi “Hap,Tangkap”)
Main Author: | Dewanto, AdityoAgung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120725/1/skripsi_ADITYO_0610023002.pdf http://repository.ub.ac.id/120725/ |
Daftar Isi:
- Maraknya perang iklan seluler di televisi membuat para perusahaan seluler bersaing ketat untuk membuat iklan yang kreatif dan inovatif. AXIS merupakan perusahaan yang gencar dalam mengiklankan produknya. Iklan merupakan komunikasi antara produsen dengan konsumen, dalam menyampaikan komunikasi tersebut iklan memerlukan suatu pendekatan yang dikenal dengan persuasi iklan yang bertujuan agar iklan itu dapat menciptakan brand awareness yang pada akhirnya meningkatkan keputusan pembelian terhadap brand yang diiklankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel pengaruh pesan iklan terhadap brand awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode survey terhadap 317 responden siswa yang terdiri dari SMAN 8 Malang, SMKN 2 Malang, SMA Swasta BSS Malang dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Kemudian setelah melalui uji validitas dan realibilitas dilanjutkan dengan uji asumsi klasik. Setelah itu dilakukan uji regresi linier berganda,untuk mengetahui nilai R kuadrat, Uji F dan Uji T. Dari hasil penelitian, Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0.5333 atau 53,33%. Nilai F hitung: 90,990 > F tabel:2,401 dan sig.F 0.000 lebih kecil dari 0,005 serta t hitung (X1: 4.431, X2: 3.601, X35.312, X4: 3.375) yang lebih besar dari t tabel (1,967). Dari hasil analisis F hitung yang lebih besar dari F tabel serta t hitung yang lebih besar dari t tabel maka dapat diambil keputusan tolak Ho. Dari hasil analisis tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa variabel pengaruh pesan iklan yang terdiri dari isi pesan (indikator: daya tarik rasional dan daya tarik emosional), struktur pesan (indikator:susunan pokok-pokok gagasan), format pesan (indikator: tampilan pesan /simbolisasi) dan sumber pesan (indikator:kredibilitas sumber pesan) mempengaruhi Brand Awareness masyarakat secara simultan dan parsial.