Fungsi Internet Banking Klik Bca Dalam Menciptakan Brand Knowledge Bca (Studi Pada Nasabah Bca Kcu Borobudur Malang)

Main Author: Oktarena, EllenaKomala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120721/1/Skripsi_Ellena_0811223100.pdf
http://repository.ub.ac.id/120721/
Daftar Isi:
  • Adanya perbedaan respon mengenai suatu produk/jasa adalah akibat terciptanya brand knowledge di benak konsumen terhadap suatu merek. Pengetahuan merek (brand knowledge) terdiri dari semua pikiran, perasaan, citra, pengalaman, keyakinan, dan lain-lain yang berhubungan dengan merek. Internet banking adalah salah satu pelayanan jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet, dan bukan merupakan bank yang hanya menyelenggarakan layanan perbankan melalui internet. Kehadiran internet banking Klik BCA diharapkan dapat menciptakan brand knowledge BCA dengan terbentuknya brand awareness dan brand image kepada nasabah yang telah menggunakan produk layanan ini dengan memperbarui bentuk tampilan dan isi konten secara berkelanjutkan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini mengkaji fungsi internet banking Klik BCA dalam menciptakan brand knowledge BCA. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif-deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang sistematis mengenai fungsi internet banking Klik BCA dalam menciptakan brand knowledge BCA. Pengambilan bentuk keputusan nasabah dalam penggunaan Klik BCA dimulai dari pengenalan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, hasil bahwa Klik BCA mudah digunakan. Fungsi Klik BCA menurut internal bahwa fasilitas pelayanan Klik BCA merupakan bentuk usaha BCA dalam memberikan efisiensi dan efektivitas serta kebutuhan dari customer, pelayanan itu ditujukan untuk memudahkan transaksi dalam 24 jam dan merasa aman dalam menggunakannya. Fungsi menurut nasabah pengguna, pemakaian fasilitas Klik BCA selama ini, belum sepenuhnya optimal; tidak mempunyai pengalaman buruk; fasilitas layanan yang praktis; dan sangat mudah di operasikan. Fungsi internet banking Klik BCA dalam menciptakan brand knowledge BCA dibenak nasabah berkaitan dengan terciptanya brand awareness dan brand image BCA. Brand knowledge BCA yang terbentuk dari fungsi internet banking Klik BCA berdasarkan pada a) brand awareness BCA dibenak nasabah, yaitu apabila nasabah membutuhkan berbagai informasi dan transaksi perbankan, mereka ingat dan dapat menyebutkan bahwa BCA memiliki layanan Klik BCA yang dapat memenuhi semua kebutuhan transaksi perbankan non cash nasabah selama 24 jam, yang dapat digunakan dimana saja, nasabah merasa yakin terhadap sistem keamanan BCA, dan kemudahan dalam bertransaksi, b) brand image BCA dibenak nasabah, yaitu dengan adanya klik BCA menciptakan image bahwa BCA merupakan bank yang memiliki jasa teknologi modern; bank yang memiliki jasa layanan terlengkap dan pelayanan yang cepat tanggap serta profesional; dan bank yang paling memudahkan dalam bertransaksi perbankan.