Pola Perilaku Komunikasi dalam Game Online Audition AyoDance Studi Etnografi pada Pemain Game Online AyoDance yang Kecanduan di Kota Malang

Main Author: Gunawan, Fendy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120687/1/pdf_lengkap.pdf
http://repository.ub.ac.id/120687/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai perilaku komunikasi dari pemain game online Audition AyoDance di kota Malang, terutama difokuskan pada pemain game AyoDance yang sudah kecanduan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui alasan-alasan pemain untuk mulai bermain game online Audition AyoDance hingga kecanduan dan bagaimana perilaku komunikasi mereka saat bermain di dunia maya. Penelitian ini memiliki manfaat sebagai bahan wacana bagi masyarakat, terutama pemain game online, supaya dapat mengetahui dan mempertimbangkan akan tindakan yang mereka lakukan di dunia maya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahparticipant observatory sebagai data primer danin-depth interview (wawancara mendalam) sebagai data sekunder. Penelitian dilakukan dengan informan penelitian setiap saat mereka bermain di warnet. Penelitian ini menggunakan teori dasar Hyperpersonal Communication dan teori Behaviorisme. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemain game online Audition AyoDance yang kecanduan melakukan proses komunikasi sesuai dengan yang dia lakukan di dunia nyata dan isi dari hal yang dikomunikasikan tergantung pada kedekatan hubungan antara dirinya dengan pemain lain yang berinteraksi dengannya. Selain itu, pengaruh fisik dan mood mereka di dunia nyata juga memengaruhi perilaku komunikasi mereka saat berinteraksi di dunia AyoDance dan sebaliknya. Pemain game online Audition AyoDance yang kecanduan juga memiliki suatu pola perilaku tertentu, dimana berubah-ubah sesuai dengan siapa pemain yang berinteraksi dengannya, seberapa dekat hubungan mereka yang terjalin di dunia AyoDance dan dunia nyata. Penggunaan kata-kata dan gaya bahasa pun menjadi berbeda antara berinteraksi dengan pemain yang dikenal dan yang tidak dikenal.