Peran Pemenuhan Kebutuhan Dalam Menggunakan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Penghindaran Iklan Jenis Tagging Pada Mahasiswa Di Kota Malang

Main Author: Marsinggih, AfiahAisyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120661/1/051401530.pdf
http://repository.ub.ac.id/120661/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemenuhan kebutuhan dalam menggunakan jejaring sosial Facebook terhadap penghindaran iklan jenis tagging pada mahasiswa di kota Malang . pemenuhan kebutuhan dalam menggunakan jejaring sosial Facebook dapat dikategorisasikan menjadi empat, yaitu surveillance, diversion/entertainment, personal identity, dan social relationship, sedangkan penghindaran iklan tagging dapat ditinjau melalui aspek kognitif, afektif, dan juga tingkah laku. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang berasal dari Perguruan Tinggi di Kota Malang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah accidental dan purposive sampling dengan menggunakan skala Likert Like . Hasil olah data menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan dalam menggunakan jejaring sosial Facebook tidak berpengaruh terhadap penghindaran iklan jenis tagging (Sig. > 0,294). Begitu pula dengan peran dimensi pemenuhan kebutuhan yang juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penghindaran iklan jenis tagging secara parsial (Sig. > 0,05). Namun, bersamaan dengan aspek frekuensi dalam menggunakan jejaring sosial Facebook, pemenuhan kebutuhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penghindaran iklan jenis tagging (Sig. < 0,05).