Peran Kecenderungan Adiksi Jejaring Sosial (Facebook atau Twitter) dalam menjelaskan Self Regulated Learning pada Remaja
Main Author: | Indratusti, AdirstiDyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120569/1/SKRIPSI_ADIRSTI_DYAH_INDRATUSTI_%280911233001%29.pdf http://repository.ub.ac.id/120569/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kecenderungan adiksi terhadap facebook atau twitter dalam menjelaskan self regulated learning pada remaja. Sampel penelitian ini adalah remaja usia 15 – 18 tahun, laki – laki dan perempuan, memiliki akun jejaring sosial facebook atau twitter , serta bersekolah di SMAK Gracia Surabaya. Teknik pengambilan data dengan purposive sampling. Variabel adiksi jejaring sosial dan self regulated learning diukur menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dengan menggunakan uji F dan uji T. Hasilnya adiksi jejaring sosial memiliki peran terhadap self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,000. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai R2 sebesar 33,9%, yang berarti peran kecenderungan adiksi jejaring sosial ( facebook atau twitter ) memberikan sumbangan efektif terhadap self regulated learning sebesar 33,9%, sedangkan sisanya 66,1% mungkin disebabkan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti.