Kebutuhan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Intensi Membeli Ulang Melalui Sikap Konsumen Terhadap Toko Buku Immanuel Batu
Main Author: | Bimantoro, Raynanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120543/1/BAB_I_-_Lampiran_-_Raynanda_Bimantoro.pdf http://repository.ub.ac.id/120543/2/DAFTAR__ISI__fix_.pdf http://repository.ub.ac.id/120543/3/cover-abstrak_-_Raynanda_Bimantoro.pdf http://repository.ub.ac.id/120543/ |
Daftar Isi:
- Kebutuhan religiusitas merupakan kebutuhan yang dimiliki seseorang untuk membangun hubungan dengan Tuhan melalui ajaran agama yang dianutnya. Kebutuhan religiusitas dapat dipenuhi dengan mendengarkan khotbah, melakukan ibadah dan melakukan pembelian produk religi. Toko buku Immanuel merupakan toko buku yang menjual barang – barang dengan nuansa Kekristenan. Pembelian ulang konsumen merupakan hal yang sangat diharapkan oleh pelaku usaha. Sikap konsumen terhadap toko buku Immanuel merupakan variabel evaluasi yangakan digunakan konsumen untuk mengevaluasi apakah ia akan melakukan pembelian ulang atau tidak. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kebutuhan religiusitas terhadap intensi membeli ulang dan peran sikap konsumen terhadap toko buku Immanuel dalam memediasi kedua variabel tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh 108 konsumen yang terpilih menjadi jumlah sampel subyek penelitian. Analisis data menggunakan metode analisis jalur ( path analysis ) untuk analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kebutuhan religiusitas berpengaruh positif terhadap intensi membeli ulang, lalu kebutuhan religiusitas juga memiliki pengaruh terhadap sikap konsumen terhadap toko buku Immanuel. Sikap terhadap toko buku Immanuel juga mempengaruhi intensi membeli ulang dengan mengendalikan kebutuhan religiusitas. Berdasarkan hasil uji Sobel diperoleh hasil sikap konsumen terhadap toko buku Immanuel berperan signifikan dalam memediasi kebutuhan religiusitas terhadap intensi membeli ulang.