Komunikasi Pemasaran Sosial Www.Marinyanyi.Com Dalam Sosialisasi Lagu Anak

Main Author: Bhakticaksa, Renda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120516/1/SKRIPSI_RENDA_BHAKTICAKSA_0911223109.pdf
http://repository.ub.ac.id/120516/
Daftar Isi:
  • Peredaran lagu anak saat ini di Indonesia mengalami kekurangan di pasaran musik. Begitu juga acara di media elektronik yang kebanyakan di dominasi acara maupun lagu yang bertemakan dewasa. Hal itu terjadi seiring berkurangnya penyanyi cilik yang mulai beranjak dewasa dan tuntutan pasar musik yang menilai bahwa lagu anak saat ini kurang begitu diminati. Fenomena itu menjadi alasan utama terbentuknya komunitas Marinyanyi yang memiliki kepedulian terhadap dunia anak dan krisis lagu anak saat ini. Marinyanyi meluncurkan situs http://www.marinyanyi.com/ sebagai sarana strategi memperkenalkan lagu anak. Gerakan yang dilakukan oleh komunitas Marinyanyi dapat dikatakan sebagai sebuah kegiatan pemasaran sosial. Pemasaran sosial pertama kali diperkenalkan oleh Philip Kotler dan Gerald Zaltman pada tahun 1971 yang mengacu kepada penerapan strategi pemasaran dalam memecahkan permasalahan sosial dan kesehatan masyarakat. Pemasaran sosial (social marketing) dapat dianalogikan seperti kita “menjual” gagasan atau ide untuk mengubah perilaku dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Inti dari pemasaran sosial adalah mengubah pandangan dan perilaku masyarakat melalui gerakan perubahan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis proses pemasaran sosial lagu anak yang dilakukan oleh komunitas Marinyanyi, dampak dari pemasaran sosial yang dilakukan komunitas Marinyanyi di melalui http://www.marinyanyi.com/ , serta respon dari target audience yang menjadi target sasaran dari komunitas Marinyanyi terhadap situs download gratis lagu anak http://www.marinyanyi.com/ . Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan cara melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam dengan informan, dan menggunakan dokumen-dokumen yang terkait dengan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran sosial yang dilakukan oleh komunitas Marinyanyi melalui situs http://www.marinyanyi.com/ memberikan dampak positif kepada target sasaran serta mendapatkan respon yang positif dari target sasaran. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh target sasaran dengan kehadiran situs http://www.marinyanyi.com/ adalah target sasaran merasa tidak lagi menemui kesulitan untuk mencari referensi lagu anak yang bersifat edukatif di tengah maraknya lagu bertemakan dewasa saat ini.