Rasionalitas Dan Dominasi Teknologis Pada Kelompok Elncy (Studi Etnografis pada Kelompok ELNCY shop melalui Blackberry Messenger di Kota Malang)

Main Author: Gustharinda, DeviaRizkha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120513/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/120513/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai Jual-beli online melalui ponsel Blackberry, dengan fokus penelitian adanya rasionalitas teknologi Blackberry dalam membentuk kelompok dan dominasi dari bentuknya kelompok Elncy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis rasionalitas teknologi Blackberry dalam membentuk kelompok dan dominasi teknologi Blackberry dalam membentuk eksklusivitas Elncy. Dalam penelitian ini menggunakan teori Manusia Satu Dimensi dari Herbert Marcuse sebagai alat analisis permasalahan agar peneliti dapat mengetahui bagaimana rasionalitas pengguna teknologi Blackberry dalam membentuk kelompok dan dominasi teknologi Blackberry dalam membentuk eksklusivitas Elncy. Peneliti menggunakan etnografi sebagai pendekatannya dan mengambil penelitian ini untuk menguji realita keadaan pada saat ini. Pendekatan etnografi yang sudah dijelaskan oleh James P. Spradley. Dalam melakukan penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu serta menggambarkan realitas yang sedang terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rasionalitas dan dominasi teknologis dalam jual-beli online melalui Blackberry mempermudah para pengguna, misalnya pekerja bisnis. Menurut Herbert Marcuse ini adalah sesuatu keadaan dimana manusia semakin terjepit dalam keberadaan Blackberry. Blackberry sebagai agen kontrol baru dimana situasi yang demikian ternyata mempunyai dampak sangat positif bagi perkembangan ke peradaban yang lebih maju. Rasionalitas dalam kehidupan telah diteknologikan termasuk jual-beli, dalam penelitian ini selain Blackberry sebagai ponselnya juga sebagai alat pencari penghasilan berupa materi. Perintah manusialah yang menentukan kerja mesin untuk memproduksi barang-barang yang dibutuhkan. Pendeknya mesin tak sanggup berjalan sendiri tanpa kontrol manusia. Dominasi teknologis telah membentuk eksklusivitas pada Elncy yang mendominasi seseorang yang tidak menggunakan Blackberry, sehingga seseorang yang tidak menggunakan Blackberry tidak dapat mengakses. Elncy menjual pakaian hanya sebuah gambar, warna, model dan hanya sebuah foto, konsumen bisa dapat percaya untuk membeli. Kesadaran kritis manusia inilah yang akibatnya masyarakat diarahkan dan diatur oleh irasionalitas teknologi. Perubahan manusia yang sedang maju mengubah relasi antara rasional dan irasional inilah yang menjadi manusia berdimensi satu.