Penggunaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi di KalanganMahasiswa (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang Pengguna Media Sosial Facebook, Twitter, Foursquare, dan Flickr

Main Author: Muffiddah, AyuAzmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120504/
Daftar Isi:
  • Manusia melakukan kegiatan komunikasi dengan manusia lain melalui berbagai cara dan media, salah satunya adalah dengan media Internet. Komunikasi dalam Internet disebut computer mediated communication atau CMC. CMC memfasilitasi manusia dengan aplikasi yang beragam, salah satunya media sosial. Media sosial terdiri dari collaborative projects, blogs and microblogs, content communities, social networking sites, virtual game worlds, dan virtual social worlds (Kaplan&Heinlein, 2010). Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah Facebook, Foursquare, dan Flickr yang termasuk ke dalam social networking sites dan Twitter yang termasuk ke dalam jenis microblogs. Keempat media sosial tersebut termasuk dalam deretan situs yang populer di Indonesia (Alexa, 2012). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masuk dalam net generation yang diasumsikan familiar dengan Internet.Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perkenalan mahasiswa Ilmu Komunikasi UB dengan Facebook, Twitter, Foursquare, dan Flickr, alasan menggunakan masing-masing situs dan kesemua situs tersebut, tujuan dari penggunaan keempat situs tersebut, aktifitas, serta preferensi mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UB terhadap Facebook, Twitter, Foursquare, dan Flickr. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakanwawancaramendalam, observasipartisipan, dan media uses diaries. Hasil dari penelitian ini adalah alasan informan menggunakan masing-masing Facebook, Twitter, Foursquare, dan Flickr karena penasaran dan ingin mencoba, dorongan teman dan lingkungan, keinginan mendapatkan hiburan dan eksistensi diri, serta karena ketertarikan pada fitur. Alasan informan menggunakan keempat media sosial tersebut adalah karena merasa tidak cukup jika menggunakan salah satu atau beberapa diantaranya. Tujuan informan menggunakan Facebook, Twitter, Foursquare, dan Flickr adalah untuk mendapatkan hiburan dan eksistensi diri, mengikuti tren, menjalin komunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain, mencari dan membagi informasi. Aktivitas penggunaan informan terbagi ke dalam tiga poin, yaitu: (1) informan tergolong ke dalam tipe ultras, deniers, dippers, lurkers, peacock, ranters, quizzers, informers, dan approval seekers, (2)kegiatan yang paling sering dilakukan informan dalam Facebook, Twitter, dan Foursquare adalah melihat news feed, pada Flickr adalah mencari gambar, (3) komunikasi yang dilakukan informan dalam Facebook, Twitter, Foursquare, dan Flickr adalah dengan “teman” yang sudah dikenal dan belum dikenal. Sedangkan, situs yang paling disukai informan adalah Facebook dan Twitter.