Program Komunikasi Pemasaran EF English First dalam Menunjang Pembentukan Citra Merek (Brand Image) melalui Keberadaan Guru Penutur Asli (Native Teacher) (Studi Deskriptif pada Lembaga EF English Firs
Daftar Isi:
- EF English First merupakan salah satu perusahaan global dalam bidang kursus bahasa Inggris, yang menggunakan guru-guru penutur asli sebagai tenaga pengajarnya selain guru-guru lokal. Penelitian ini membahas dan menganalisis implementasi program komunikasi pemasaran EF English First Malang, khususnya terkait program yang melibatkan unsur guru penutur asli di dalamnya. Fokus penelitian ini adalah pada program komunikasi pemasarannya yang menunjang pembentukan citra merek, yang salah satunya didukung oleh keberadaan guru penutur asli. Upaya perusahaan mengonstruksi citra merek dikaitkan dengan penerimaan kesan oleh publik internal, yakni murid, dan juga publik eksternal, yakni masyarakat Malang pada umumnya yang direpresentasikan oleh beberapa mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi peminatan Komunikasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik filling system, dari data yang ditemukan di lapangan. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan guru penutur asli di lembaga EF English First, khususnya pada cabang Malang, memberikan pengaruh positif pada pembentukan citra merek oleh publik. Di samping tugas utamanya untuk mengajar bahasa Inggris, manajemen menemukan bahwa keberadaan guru penutur asli tidak hanya berfungsi sebagai tenaga pengajar, namun juga sebagai sosok yang bermanfaat untuk meningkatkan popularitas EF English First Malang. Keberadaan guru penutur asli ditunjukkan kepada publik melalui program-program dan media pemasaran yang dipilih oleh EF English First Malang, seperti brosur, radio, koran, media sosial. website resmi, tentang faktor keunggulan dan kualitas mereka. Hal tersebut juga dilakukan dengan melibatkan mereka secara langsung di lokasi pemasaran yang biasanya juga dilakukan di ruang publik. Asosiasi citra merek yang ingin dikonstruksi kepada publik yaitu: guru penutur asli yang banyak dan berkualitas, belajar bahasa Inggris di EF English First Malang efektif dan menyenangkan, dan EF English First adalah lembaga yang paling tepat untuk belajar bahasa Inggris di Malang.