Pengaruh Perubahan Elemen Fisik Brand Terhadap Citra Merek (Studi Pada Konsumen PT. Citilink Indonesia . Tbk)

Main Author: Gumilar, AkhmadKresna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120474/
Daftar Isi:
  • Strategi rebranding Citlink melibatkan peremajaan merek yakni dengan mengubah elemen merek visual secara fisik seperti nama, logo, slogan dan warna. Strategi rebranding yang dilakukan oleh Citilink bertujuan agar partisipasinya dalam jasa transportasi udara untuk segmen penerbangan berbiaya murah dapat dicermati masyarakat. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Variabel yang digunakan adalah perubahan elemen fisik brand sebagai variabel x dengan indikator yaitu nama, logo, slogan dan warna. Citra merek sebagai variabel y memiliki indikator yaitu strength, favorability dan uniqueness. Dari hasil distribusi pada penelitian menunjukkan bahwa responden menyatakan setuju pada rangkuman item pada variabel x yang meliputi perubahan nama, logo, slogan dan warna pada Citilink dapat dikategorikan positif, memiliki ciri khas, mudah diingat dan berbeda dari maskapai lain. Begitupula dengan item pada variabel y untuk citra merek meliputi adanya kemampuan Citilink untuk menjadi unggul, disukai, dan memiliki keunikan dalam pengetahuan responden. Hubungannya dengan model komunikasi SMCR, penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Citilink Indonesia .Tbk sebagai sumber (source) mampu menciptakan pesan yang disampaikan bahwa partisipasi Citilink dalam jasa transportasi udara untuk segmen penerbangan berbiaya murah dapat dicermati oleh masyarakat dalam medium (channel)pembawa pesan pada perubahan elemen fisik brand dari nama “Citilink”, bentuk logo baru, slogan “your right link” dan warna baru yakni warna hijau perusahaan yang ditujukan pada konsumen PT. Citilink Indonesia Tbk sebagai komunikan (receiver) dalam pengetahuan citra merek dari perusahaan. Dalam studi kasus perubahan elemen fisik brand pada strategi rebranding Citilink ini mengandung proses komunikasi dalam perspektif mekanistis secara primer, karena Citilink menggunakan suatu lambang (symbol) berupa nama, logo, slogan, dan warna dalam proses menyampaikan pesan sebagai media atau saluran kepada komunikan yakni konsumen. Dari hasil uji korelasi yang dilakukan oleh penulis menemukan hubungan perubahan elemen fisik brand yang dilakukan Citilink terhadap citra merek Citilink dikategorikan kuat. Artinya ada hubungan positif antara variabel x sebagai Perubahan Elemen Fisik Brand dan variabel y sebagai Citra Merek. Semakin baik Perubahan Elemen Fisik Brand yang diciptakan Citlink maka Citra Merek pada Citilink akan semakin baik pula.