Deskripsi Fenomena Kampanye Pemilihan Umum Dalam Sampul Buku ( Analisa Semiotika Sampul Buku “ Iklan Politik Dalam Realitas Media “)
Main Author: | Gustaman, Gugi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120470/1/Skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/120470/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat tema dari sebuah buku sebagai pertanda jaman dimana fenomena sosial berusaha direkam dalam sebuah sampul buku. Dalam sampul buku tersebut memuat gambar karikartur yang isinya menggambarkan fenomena sosial dalam masyarakat yang digambarkan dalam periode masa pemilihan umum. Sampul buku ini berasal dari sebuah buku dengan judul “ Iklan Politik Dalam Realitas Media.” Penelitian ini menggunakan metode semiotika model Roland Barthes. Metode tersebut diterapkan untuk melihat tanda ini dalam beberapa tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari denotasi, konotasi sampai mitos. Dalam sampul buku ini dapat dilihat bagaimana partai politik dan kandidat berusaha melakukan persuasi dalam massa kampanye pemilihan umum. Upaya tersebut dilakukan dengan menggunakan saluran media komunikasi politik baik bersifat komunikasi massa maupun interpersonal yang mendapatkan respon kritis dari masyarakat.