Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Indopherin Jaya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Pilang Kota Probolinggo

Main Author: Nugroho, DwiCahyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120458/1/Peran_CSR_PT_Indopherin_jaya_Copy.pdf
http://repository.ub.ac.id/120458/
Daftar Isi:
  • Sebagai salah satu badan usaha milik negara, PT. Indopherin Jaya memiliki tanggung jawab untuk dapat turut serta dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan yang bergerak di bidang produksi phenolic-resin ini wajib melaksanakan pertanggung jawaban sosial perusahaan. Pelaksanaan CSR telah diatur dan ditetapkan dalam undang-undang dan surat keputusan yang dibuat oleh pemerintah. Kedepannya, CSR akan menjadi isu yang ramai diperbincangkan mengingat Badan Sertifikasi Internasional telah beracang-ancang untuk meluncurkan ISO 26000 yang mengatur mengenai pelaksanaan CSR awal tahun 2009. Di Indonesia, salah satu bentuk aktualisasi CSR yang paling umum adalah Pengembangan Masyarakat atau Community Development. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran persepsi serta respon masyarakat dimana perusahaan berdiri mengenai program CD yang telah dilakukan oleh perusahaan. Fokus yang dilakukan diantaranya yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan, dan pengembangan kewirausahaan. Untuk Evaluasi dari implementasi program CD akan dideskripsikan sebagai bentuk penilaian terhadap pelaksnaan program CD PT. Indopherin Jaya. Jenis penelitian ini adalah case study, yaitu peneliti menggunakan berbagai macam sumber data yang relevan dan dapat digunakan untuk menguraikan dan menjelaskan penerapan program CD dalam CSR PT. Indopherin Jaya. Informan dipilih dengan menggunakan purposive method, yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Analisis data dengan menggunakan teknis analisis data interaktif. Hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan CD oleh PT. Indopherin Jaya telah melaksanakan peraturan yang ada namun tetap menyesuaikan dengan keadaan masyarakat sekitar. Persepsi serta respon masyarakat mayoritas positif, walaupun ada beberapa informan yang menyampaikan keluhannya. Hal ini dipengaruhi oeh beberapa faktor mendasar. Evaluasi keefektivan progrm CD masih belum terstruktur dengan jelas, sehigga perusahaan menggunakan parameter yang dibuat oleh Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Sebagai kesimpulan didapat bahwa PT. Indopherin Jaya dapat digolongkan sebagai perusahaan yang cukup peduli terhadap masalah pengembangan masyarakat, hal ini dapat dilihat dari kebijakan internal yang dilaksanakan perusahaan, muali dari proses penyusunan hingga pelaksanaannya.Masyarakat Desa Pilang menyambut positif akan hal tersebut. Pemerintah, perusahaan dan masyarakat hendaknya dapat saling membantu dan mendukung dalam mensukseskan program CD