Motif Menonton dan Kepuasan Penonton Pada Acara One Stop Football di Trans7 dan Total Football di ANTV
Main Author: | Wicaksono, Riyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120454/1/SKRIPSI_RIYAN_WICAKSONO_%280811223057%29.pdf http://repository.ub.ac.id/120454/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan adalah hal yang bersifat subyektif dan sangat tergantung pada masing-masing individu. Studi yang khusus mempelajari tentang kepuasan atau kegunaan dari media massa adalah uses and gratifications. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui motif mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 FISIP Universitas Brawijaya dalam menonton acara One Stop Football di Trans7 dan Total Football di ANTV. Untuk mengetahui kepuasan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 FISIP Universitas Brawijaya dalam menonton acara One Stop Football di Trans7 dan Total Football di ANTV. Untuk mengetahui adanya perbedaan motif dengan kepuasan menonton mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 FISIP Universitas Brawijaya dalam menonton acara One Stop Football di Trans7 dan Total Football di ANTV. Metode yang dipakai adalah penelitian survei yakni metode yang menggunakan alat kuesioner dalam mengukur tingkat kepuasan penonton kota Malang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t beda. Dari hasil uji perbedaan dapat diketahui motif dan kepuasan Mahasiswa FISIP Angkatan 2008 dalam Mahasiswa FISIP Angkatan 2008 diketahui uji thitung sebesar 8,280, sedangkan nilai distribusi t atau ttabel diketahui 2,052. Sedangkan nilai rata-rata Gratification Sought (motif) menonton Stop Football di Trans7 dan Total Football di ANTV sebesar 3,969 dan Gratification Obtained (kepuasan) menonton Stop Football di Trans7 dan Total Football di ANTV sebesar 4,367. Hal ini menunjukkan bahwa Gratification Obtained (kepuasan) yang merupakan kebutuhan yang diperoleh banyak dibandingkan dengan Gratification Sought (motif) dalam menonton One Stop Football di Trans7 dan Total Football di ANTV. Model Uses & Gratification bahwa media selalu berusaha memenuhi motif khalayak. Dalam penelitian ini dapat dibuktikan bahwa Gratification Sought atau motif yang dicari lebih kecil, dan Gratification Obtained kepuasan yang di dapat lebih besar. ( GS ≤ GO), dan Gratification Sought sama dengan Gratification Obtained atau Motif yang dicari sama dengan kepuasan yang didapatkan ( GS = GO), maka hal ini dapat terbukti Trans7 dan ANTV sebagai media yang efektif karena dapat memberikan kepuasan kepada khalayak.Untuk Trans7 dan ANTV selalu mempunyai inovasi di dalam meningkatkan mutu dan kualitas program – program siaran yang dapat memberikan hiburan dan juga pendidikan kepada para penonton. Trans7 dan ANTV harus dapat mempertahankan dan tetap membangun kridibilitas dan kepercayaan masyarakat sebagai penonton setia.