Mempertahankan Eksistensi Partai Politik (Studi Marketing Politic DPD Partai Golkar Kota Malang Untuk Mempertahankan Eksistensi dan Basis Massa Pasca Reformasi)
Main Author: | Manggala, RadityaSurya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120435/1/SKRIPSI_Raditya_S.M_0911250008_Ilmu_Politik.pdf http://repository.ub.ac.id/120435/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggambarkan mengenai konsep marketing politic Partai Golkar, utamanya DPD Partai Golkar Kota Malang untuk mempertahankan eksistensi dan dukungan dari basis massa partai pasca reformasi. Sistem multipartai yang diterapkan di Indonesia pasca reformasi menuntut partai-partai politik yang ada di Indonesia untuk saling bersaing dalam era persaingan terbuka reformasi saat ini, baik itu partai-partai lama, maupun partai-partai baru. Tidak terkecuali pula dengan Partai Golkar yang notabene merupakan partai yang cukup senior di Indonesia, dan cukup bersusah-payah dalam perjalanannya untuk mempertahankan eksistensi di dunia partai politik di Indonesia pasca reformasi. Fokus dari penelitian ini adalah, upaya-upaya yang dilakukan oleh Partai Golkar yang diberikan kepada masyarakat pasca reformasi agar nantinya masyarakat mau untuk memberikan dukungannya dalam Pemilu, ditinjau dari segi marketing politic yang menjadi landasan teoritis dalam penelitian ini. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview (wawancara mendalam) dengan narasumber, observasi, dan studi-studi dokumentasi dari dokumendokumen dan arsip-arsip resmi dari instansi yang dijadikan tempat penelitian. Hasil penelitian menggambarkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh Partai Golkar pasca reformasi dalam hubungannya dengan penguatan external atau hubungan langsung dengan masyarakat, agar eksistensi partai dan basis massa tetap terjaga, masuk dan sesuai dengan salah satu konsep marketing politic yang dijabarkan dalam landasan teoritis. Namun, masih tetap ada poin-poin yang perlu diperhatikan agar marketing politic ini dapat berjalan dengan lebih baik dan eksistensi partai dan basis massa tetap terjaga di era reformasi ini.