Daftar Isi:
  • Iklan adalah salah satu bentuk kegiatan marketing dari sebuah produk atau jasa yang sangat penting kedudukannya. Ini dikarenakan manfaat iklan sendiri yang cukup banyak bagi berkembangnya sebuah produk atau perusahaan. Iklan terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah iklan televisi. Iklan televisi yang memiliki daya tarik tinggi akan lebih diingat oleh masyarakat. Salah satunya adalah iklan yang mengandung sedikit sensasi. Namun iklan yang bermasalah bisa berdampak pada citra perusahaan. Oleh sebab itu, mengetahui persepsi masyarakat terhadap iklan seperti itu cukup penting untuk diperhatikan agar tidak mengganggu citra dari perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan tataran analisis yang digunakan adalah deskriptif, dimana peneliti berupaya menjelaskan dan mendeskripsikan persepsi masyarakat tentang pengaruh iklan ber-tagline “ndeso” milik XL versi Tukul Arwana terhadap citra XL, dengan teknik pengumpulan data in depth interview. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat tentang iklan XL versi Tukul Arwana dengan detail unsur-unsur dalam iklan, yaitu pesan iklan, pendukung dalam iklan, gambar dan musik iklan, serta naskah iklan yang kemudian dihubungkan dengan persepsi masyarakat terhadap dampak iklan tersebut terhadap citra XL. Persepsi masyarakat mengenai pengaruh iklan XL versi Tukul Arwana terhadap citra XL dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor fungsional yang merupakan faktor dari diri sendiri atau internal dan faktor struktural yang merupakan faktor yang dibentuk oleh pengaruh luar. Pembentukan persepsi masyarakat juga melalui beberapa tahap, yaitu Stimulation, Organization, Interpretation-Evaluation, Memory, dan Recall untuk kemudian menjadi persepsi.