Konsep 4b (Brain, Beauty, Behavior, Brave) Di Mata Publik(Studi Deskriptif Kualitatif tentang Persepsi Nasabah terhadap Konsep 4B pada Karyawan Frontliner Bank Panin KCU Kota Kediri)
Main Author: | Ardilla, Sheilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120422/1/SKRIPSI_SHEILLA.pdf http://repository.ub.ac.id/120422/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan pertumbuhan dunia yang begitu pesat dalam bidang ekonomi, teknologi komunikasi dan informasi memberikan suatu tantangan sekaligus peluang bagi dunia Public Relations (PR) yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pihak perusahaan dan masyarakat. PR merupakan suatu metode komunikasi untuk menciptakan citra positif dari mitra organisasi atau perusahaan atas dasar menghormati kepentingan bersama di mata publiknya. Pada beberapa perusahaan, peran PR dijalankan oleh frontliner yang terkait dengan fungsi PR yang tidak dilembagakan atau disebut method of communication, dimana pada perbankan, frontliner terdiri dari personal banker, account officer, customer service dan teller. Frontliner ini akan berhubungan langsung dengan pelanggan untuk menangani keluhan dan kebutuhan pelanggan tersebut sehingga dibutuhkan sikap, konsep diri atau pembawaan diri yang baik, yang berkaitan dengan konsep 4B (brain, beauty, behaviour and brave). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi publik Bank Panin terhadap konsep 4B pada karyawan frontliner Bank Panin. Populasi yang diteliti adalah nasabah Bank Panin KCU Kota Kediri, penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 November - 24 Desember 2012 dengan sampel sebanyak 25 informan yang diambil dengan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan metode focus group discussion dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah memiliki persepsi atau pandangan dan kriteria masing-masing, pada konsep brain, beauty, behavior dan brave sebagai pemenuhan konsep 4B secara keseluruhan pada karyawan frontliner Bank Panin KCU Kota Kediri.