Perbedaan Konsep Diri (Self Concept) Antara Siswa Kelas Akselerasi Dan Siswa Kelas Reguler Di Man 3 Malang
Main Author: | Auliani,RaisaNur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120373/1/051201641.pdf http://repository.ub.ac.id/120373/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan konsep diri siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler. Penelitian dilakukan di MAN 3 Malang dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa, 31 siswa kelas akselerasi dan 31 siswa kelas reguler. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel bertujuan atau purposive sample dengan metode analisis Uji Normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov , Uji Homogenitas menggunakan teknik statistik Levene , dan Uji Hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Diperoleh hasil yaitu: (1) terdapat perbedaan konsep diri yang signifikan antara siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler. Ditunjukan dengan signifikansi 0,044 (p < 0,05) dan t hitung sebesar -2,055, (2) hasil penelitian menunjukkan (12,9%) siswa kelas akselerasi yang memiliki konsep diri positif. Disamping itu cukup banyak (16,1%) siswa kelas reguler yang memiliki konsep diri positif.