Kepuasan Mahasiswa berdasarkan Efektivitas Komunikasi Dosen dalam proses Pembelajaran (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya)

Main Author: Murdani,IndraSatria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120371/1/051201639.pdf
http://repository.ub.ac.id/120371/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kepuasan mahasiswa berdasarkan efektivitas komunikasi dosen dalam proses pembelajaran. Efektivitas komunikasi terdiri dari lima dimensi yakni pengertian, kesenangan, hubungan sosial yang baik, mempengaruhi sikap dan tindakan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dimensi mana yang paling dominan berpengaruh kepada kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan observasi, berupa wawancara dengan sejumlah informan yang terdiri dari angkatan 2009 dan 2010 mahasiswa ilmu komunikasi tentang kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran terkait dengan dengan efektivitas komunikasi dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian deskriptif, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran mahasiswa ilmu komunikasi FISIP yang menjadi obyek penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa terkait efektivitas komunikasi sudah cukup baik. Hal ini dikarenakan efektivitas komunikasi dosen sudah cukup baik dalam proses pembelajaran mahasiswa dalam kelas sehingga menimbulkan kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran.