Strategi Public Relations as a Technique of Communication Dalam Membangun Brand Image Kosmetik Import Korea melalui www.facebook.comkorean.makeup

Main Author: Wijaya, LanaMega
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120355/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/120355/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai strategi yang diterapkan Public Relations Korean Make Up dalam membangun brand image kosmetik import Korea melalui Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendalami strategi Public Relations dalam membangun brand image kosmetik import melalui Facebook yang dilakukan oleh Korean Make Up. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan wacana kepada masyarakat pada umumnya dan Public Relations Korean Make Up khususnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tataran analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi dari penelitian ini adalah Facebook Korean Make Up yaitu www.facebook.com/korean.makeup . Penelitian ini menggunakan dasar teori yaitu model komunikasi Berlo yang juga dikenal sebagai model SMCR, dimana Korean Make Up berperan sebagai source, strategi sebagai message, Facebook sebagai channel dan onlineshopper sebagai receiver dan menggunakan prinsip 7C dalam menganalisis data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Korean Make Up sangat memaksimalkan penggunaan fitur foto dan caption foto untuk menyampaikan pesannya membangun brand image yang ingin dibangunnya. Public Relations Korean Make Up telah berhasil membangun brand image kosmetik import Korea dibenak konsumen, yaitu sebagai produk yang berkualitas dengan harga terjangkau dan produk yang aman digunakan, selain itu seiring berjalannya waktu, para online shopper mengenal produk Korea sebagai produk yang memiliki kemasan yang lucu dan berwarna sangat khas perempuan.Untuk menyampaikan pesan-pesannya, Public Relations Korean Make Up paling sering menggunakan foto dan caption foto. Selain 5 fitur Facebook utama, status, foto, notes, pages dan group, pengisian profile information juga merupakan hal yang penting untuk memberikan gambaran sekilas tentang perusahaan yang diwakili sehingga menimbulkan kesan positif setelah membaca profile information tersebut. Korean Make Up cenderung menerapkan 5 prinsip diantara prinsip 7C, completness, conciseness, concretness, consideration dan clarity.