Persepsi Konsumen Tentang Kemasan Rokok Surya Slims Gudang Garam Sebagai Salah Satu Aspek Pembentuk Brand Image
Main Author: | Natalia,Christanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120353/ |
Daftar Isi:
- PT. Gudang Garam, Tbk merupakan salah satu perusahaan rokok yang dalam kurun waktu 50 tahun lebih telah tumbuh dan berkembang pesat. Dalam perkembangannya, perusahaan telah memproduksi sedikitnya 30 jenis produk rokok yang terdiri dari dari SKT (Sigaret Kretek Tangan), Sigaret Klobot, dan SKM (Sigaret Kretek Mesin). Tahun 2007 perusahaan memproduksi rokok Surya Slims dengan dua varian, merah dan hijau. Di antara semua produk Gudang Garam kemasan Surya Slims paling unik karena tidak menempatkan logo Gudang Garam. Selain itu jika dibandingkan dengan kemasan produk kompetitor kemasan Surya Slims juga unik karena tidak menggunakan warna putih pada kemasannya. Keunikan kemasan Surya Slims tersebut akan menimbulkan persepsi konsumen yang berdampak pada pembentukan brand image kemasan Surya Slims. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian ini dirasa mampu memberikan pemahaman berupa deskripsi secara mendalam mengenai permasalahan yang menjadi penelitian, dalam ini persepsi konsumen atas kemasan rokok Surya Slims Gudang Garam dalam pembentukan brand image. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan Surya Slims telah menjadi salah satu aspek atau tools yang membentuk brand image berdasar pada persepsi konsumen yakni kemasan yang ramping dan membedakannya dengan kemasan produk lain, khususnya kemasan produk kompetitor karena kemasan Surya Slims memiliki perpaduan warna yang elegan serta desain kemasannya artistik dan memberikan variasi baru sehingga lebih disukai oleh konsumen. Persepsi konsumen tentang kemasan Surya Slims tidak mencakup semua brand manifesto Surya Slims tetapi hanya mencakup dua poin, yakni poin ketiga dan keempat antara lain 3) We’re against homogenous and standardization, defending the right