Media Monitoring sebagai Upaya Memelihara Citra Perusahaan (Studi pada Corporate Communication East Region PT. XL Axiata Tbk Surabaya)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendalami, dan menganalisis bagaimanakah kegiatan media monitoring yang dilakukan oleh corporate communication East Region PT. XL Axiata Tbk dalam memelihara citra perusahaan pada beberapa surat kabar harian selama bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2010. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini menjelaskan bagaimanakah proses kegiatan media monitoring yang dilakukan oleh Corporate Communication East Region PT. XL Axiata Tbk. Kemudian dilakukan sebuah proses analisis isi untuk mengetahui bagaimana kecenderungan-kecenderungan pemberitaan selama bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2010 terhadap citra perusahaan dan upaya yang dilakukan oleh Corporate Communication East Region PT. XL Axiata Tbk dalam memelihara citra perusahaan. Untuk melakukan analisis isi pada penelitian ini mengunakan kategorisasi berita yang merujuk pada elemen-elemen dalam mengukur citra perusahaan sebagaimana yang dikemukakan oleh Ardianto (2011:335) kategorisasi tersebut antara lain: kualitas manajemen, keuntungan/penghasilan, rasa tanggung jawab sosial, perusahaan sebagai karyawan, pembaharuan, orientasi pasar, berkaitan dengan ekonomi negara, harapan ke depan berkenaan dengan tujuan organisasi, kualitas produk/jasa, penyebaran informasi secara aktif tentang perusahaan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa XL memiliki citra positif. Hal tersebut berdasarkan analisis isi pemberitaan yang sudah dilakukan oleh peneliti yaitu XL memiliki citra positif sebagai perusahaan jasa telekomunikasi yang inovatif, memiliki target dan harapan yang tinggi ke depan, selalu memberikan informasi kepada pelanggan tentang perkembangan perusahaan, memiliki rasa tanggung jawab sosial ditunjukkan dengan beberapa kegiatan CSR yang dilakukan, XL memiliki produk yang sesuai dengan standar dan menguntungkan pelanggan melalui strategi market orientation- nya, memiliki tim manajemen yang berkualitas, dan perusahaan yang memiliki prestasi yang bagus dan mampu bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, dari uraian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan media monitoring mampu memelihara citra perusahaan.