Manajemen Krisis Terkait Iklim Internal Komunikasi Organisasi (Studi Deskriptif pada PT. Radio Malangkucecwara Dalam Menghadapi Krisis Akibat Perubahan Struktur Organisasi)
Main Author: | Hakim, MuhammadLuthfan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120339/1/BAB_V.pdf http://repository.ub.ac.id/120339/2/BAB_III.pdf http://repository.ub.ac.id/120339/3/COVER_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/120339/4/BAB_I.pdf http://repository.ub.ac.id/120339/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/120339/5/BAB_II.pdf http://repository.ub.ac.id/120339/6/BAB_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/120339/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia radio di Indonesia membawa dampak perubahan dalam pengelolaan organisasi radio. Salah satunya seperti yang ada di kota Malang, PT. Radio Malangkucecwara. Dimulai di tahun 2011, PT. Radio Malangkucecwara mengalami perubahan kepemimpinan manajemen secara keseluruhan. Dikarenakan adanya perubahan ini, PT. Radio Malangkucecwara harus menghadapi krisis iklim internal komunikasi organisasi. Walaupun demikian diawal krisis terjadi, stakeholder dari PT. Radio Malangkucecwara tetap menunjukkan loyalitas yang tinggi. Fenomena ini membuat penulis tertarik untuk meneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen yang diterapkan PT. Radio Malangkucecwara dalam manajemen krisis kepada para stakeholder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi partisipasi, dan analisis dokumen perusahaan. Data yang diperoleh dianalisis meliputi tahapan reduksi data, penguraian singkat melalui bagan dan sejenisnya, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dimana penulis mencocokkan hasil wawancara para narasumber. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah krisis yang dialami PT. Radio Malangkucecwara disebabkan oleh kurang siapnya strategi dalam perubahan organisasi serta tidak adanya keterbukaan dalam berkomunikasi dan kurangnya perencanaan sistim kerja yang baik di dalam manajemen. Krisis Internal Iklim Organisasi berusaha diselesaikan dengan mengadakan rapat besar dan dibuatnya peraturan perusahaan PT. Radio Malangkucecwara. Strategi manajemen krisis yang diterapkan PT. Radio Malangkucecwara cenderung kurang diperhatikan, sehingga tidak membuahkan hasil yang positif terhadap krisis. Dampak manajemen krisis yang diterapkan membuat komunikasi ke bawah dan ke atas mengalami hambatan, dikarenakan sudah tidak adanya sikap saling percaya.