Pemaknaan Audience Terhadap Kredibilitas Pemberitaan Media Online (Studi Fenomenologi Kredibilitas Pemberitaan Media Online Ongisnade)

Main Author: Adhityamanta, Whisnu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120326/1/Whisnu_Adhityamanta_%280510023084%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/120326/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi komunikasi menjadi semakin canggih, sehingga informasi dapat berpindah dengan sangat cepat dikarenakan munculnya media komunikasi baru yaitu internet sebagai media online. ONGISNADE sebagai media informasi online, memiliki kelebihan dan kekurangan, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki media online, kredibilitas berita menjadi suatu hal yang sangat penting. Kredibilitas pemberitaan saat ini seperti sulit untuk ditentukan, sulit untuk didapatkan dan bahkan sulit untuk kembali begitu ia hilang. Kredibilitas pemberitaan dioperasionalkan sebagai konsep multidimesi yang dibangun dari lima komponen tradisional, yaitu: belivebility, accuracy, trustworthness, bias dan completeness. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan audience terhadap kredibilitas pemberitaan ONGISNADE beserta alasannya mengapa mengakses ONGISNADE. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Narasumber atau informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang, dengan kriteria Audience yang mengakses website http://www.ongisnade.co.id/ , sadar akan tujuan memenuhi kebutuhan informasinya, kontak interaktivitas yang cukup intensif, serta ikut aktif berfikir mengenai alasan mereka dalam mengkonsumsi ONGISNADE. Alasan beberapa narasumber dalam memilih mengakses ONGISNADE dipengaruhi oleh latarbelakangnya yang memang tergabung dengan kelompok suporter klub sepakbola AREMA (AREMANIA), hal ini sesuai dengan kajian Social Action Media Studies bahwa makna suatu program tidak pernah muncul secara individual melainkan merupakan hasil dari suatu komunal, jadi merupakan hasil interpretasi kelompok, masyarakat atau budaya. Kebutuhan informasi narasumber tersebut juga berdasarkan pada peran sosial (social roles) yang disandangnya. Teori yang diperkenalkan oleh Biddle dan Thomas ini menyatakan bahwa setiap individu memiliki kecenderungan untuk menyesuaikan pencarian informasi mereka menurut konteks sosial dalam sebuah sistem sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan narasumber mengakses ONGISNADE adalah sebagai media untuk mencari infomasi tentang klub sepak bola AREMA yang berkompetisi di ISL ataupun IPL, alasan lainnya yaitu sebagai media untuk memperoleh hiburan. Seluruh narasumber memaknai kredibilitas berita ONGISNADE merupakan hal yang penting, dan ONGISNADE dinilai sudah cukup kredibel, batasan berita yang kredibel menurut seluruh narasumber adalah beritanya dapat dipercaya, tidak berlebihan, jujur sesuai kenyataan dan fakta (faktual), netral, terkontrol, memiliki ijin, kritis serta akurat, walaupun batasan kredibilitas berita tersebut masih dipengaruhi oleh karakteristik dan kebiasaan pada media konvensional.