Persepsi Mahasiswa Tentang Kondom Pada Iklan Televisi Kondom Sutra Versi Soccer Dance (Studi pada Iklan Kondom yang Dibintangi oleh Julia Perez dan Gaston Castano)

Main Author: Lisdiarum, Dalias
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120325/1/SKRIPSI_PDF.pdf
http://repository.ub.ac.id/120325/
Daftar Isi:
  • Iklan adalah salah satu bentuk promosi yang sangat penting dalam memasarkan suatu produk. Iklan televisi, kini merupakan salah satu media massa yang paling banyak di konsumsi tayangannya oleh masyarakat atau target konsumen, oleh karena itu iklan televisi memiliki pengaruh yang cukup besar bagi keputusan pembelian terhadap suatu produk. Dalam rangka meningkatkan penjualan produk, pengiklan berupaya mengangkat citra produk di mata masyarakat dengan menggunakan iklan televisi yang kreatif dan menarik, namun juga sesuai dengan selera target konsumennya. Dalam penelitian ini, peneliti memilih penelitian dengan menggunakan jenis kualitatif. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif, dimana peneliti berupaya menjelaskan dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang kondom terkait iklan televisi kondom merk Sutra versi Soccer Dance yang dibintangi oleh Julia Perez dan Gaston Castano, dengan teknik pengumpulan data in depth interview, karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami persepsi mahasiswa tentang kondom terkait dengan iklan televisi kondom Sutra versi Soccer Dance yang dibintangi oleh Julia Perez dan Gaston Castano dengan juga mengetahui bagaimana persepsi mereka tentang iklan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini, terkait dengan persepsi mahasiswa tentang unsur-unsur dalam iklan televisi kondom Sutra versi Soccer Dance, yaitu pesan iklan, pendukung dalam iklan, gambar dan musik iklan, serta naskah iklan yang kemudian dihubungkan dengan persepsi mahasiswa terhadap kondom setelah melihat iklan tersebut. Persepsi mahasiswa mengenai kondom terkait iklan televisi kondom Sutra versi Soccer Dance dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor fungsional dan faktor struktural. Pembentukan persepsi mahasiswa tentang kondom terkait dengan iklan televisi kondom Sutra versi Soccer dance melalui beberapa tahap, yaitu Stimulation, Organization, Interpreation-Evaluation, Memory, dan Recall untuk kemudian menjadi persepsi