Penggunaan Jilbab Oleh Mahasiswi Universitas Brawijaya (Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap Penggunaan Jilbab Oleh Mahasiswi Sebagai Dampak Dari Pengaksesan Blog Dian Pelangi)
Main Author: | Wiyanti, Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120323/1/PUJI_WIYANTI.pdf http://repository.ub.ac.id/120323/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji mengenai perubahan gaya jilbab yang terbentuk dari pengaksesan Internet, yaitu media sosial situs blog. Situs blog yang diakses adalah blog-blog yang mengkhususkan membahas mengenai jilbab dengan berbagai macam gaya dan bentuk yang saat ini digemari oleh perempuan muslim. Yaitu blog dari seorang designer muda Dian Pelangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan dari gaya jilbab pada mahasiswi Universitas Brawijaya sebagai dampak dari pengaksesan blog Dian Pelangi. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification sebagai analisis fenomena yang ditemukan di lapangan. Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat pedekatan deskriptif, untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh blog jilbab terhadap informan yaitu dengan menghimpun fakta melalui observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa faktor yang mempengaruhi informan yaitu bahwa informan telah mengikuti tren jilbab yang saat ini telah menjadi tren fashion dikalangan muslimah. Data yang didapatkan, tren jilbab membuat informan terinspirasi untuk memperbarui tampilan berjilbabnya, yang dibawa oleh Dian Pelangi. Menurut hasil yang diperoleh, bahwa informan juga sampai pada taraf membeli jilbab dan busana yang terdapat pada blog Dian Pelangi. Informan pun mendapatkan berbagai macam informasi terbaru tentang gaya berjilbab dan juga bertambahnya wawasan informan seputar berjilbab. Hal inilah yang membuat informan merubah gaya berjilbabnya setelah mengakses situs blog Dian Pelangi.