Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan sistem pemasaran loper tembak yang digunakan oleh Memo Arema Malang, dalam usahanya untuk meningkatkan penjualan oplah koran. Loper tembak Memo Arema memanfaatkan dua unsur utama, yaitu unsur kedekatan (proximity) dan unsur place bauran pemasaran. Adapun kajian pustaka dalam penelitian ini berkaitan dengan persaingan bisnis media cetak (koran), nilai berita (proximity), dan bauran pemasaran (place). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek utama penelitian meliputi sistem pemasaran loper tembak Memo Arema Malang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari pemilik media, kepala pemasaran dan loper tembak Memo Arema Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, waktu dan metode. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Moelong yang terdiri dari comprehending, synthesing, theorizing,dan rekontextialing. Hasil analisis kualitatif pada penelitian ini menunjukkan, bahwa pemanfaatan unsur kedekatan (proximity) dan place bauran pemasaran dalam loper tembak, berperan penting dalam usaha Memo Arema meningkatkan penjualan korannya. Peningkatan ini berkisar antara 112 persen – 2600 persen di tiap daerah, dan sekaligus berkontribusi sekitar 7 persen – 10 persen terhadap penjualan secara keseluruhan.