Strategi Promosi Jasa Asuransi (Studi pada Jasa Asuransi JaPro Car Cabang Malang dalam Upaya Mempersuasi Masyarakat untuk Menjadi Pemegang Polis)

Main Author: Sakti, SriRahadianM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120302/1/JURNAL_STRATEGI_PROMOSI_JASA_ASURANSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/120302/2/STRATEGI_PROMOSI_JASA_ASURANSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/120302/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisis kegiatan strategi promosi yang dijalankan oleh PT. Asuransi Jaya Proteksi Malang. Strategi promosi ini meliputi bauran promosi yang ditujukan kepada pihak leasing, bank, dan masyarakat pemegang polis sebagai target konsumen akhir (end user). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendalami mengenai strategi promosi PT. Asuransi Jaya Proteksi Malangpada jasa asuransi “JaPro Car” dalam upaya mempersuasif masyarakat untuk menjadi pemegang polis di wilayah kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga peneliti mampu mendeskripsikan secara mendalam tentang persoalan strategi promosi yang telah digunakan oleh PT. Asuransi Jaya Proteksi Malang dengan menggunakan parameter efektifitas komunikasi dalam berpromosi. Peneliti juga menganalisis tentang strategi promosi yang mampu membangun kesetiaan jasa asuransi sebagai wujud upaya establishing acceptance oleh PT. Asuransi Jaya Proteksi Malang. Peneliti menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen, teknik analisis data pada penelitian ini adalah model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Asuransi Jaya Proteksi Malang telah menggunakan 2 (dua) strategi promosi, yaitu: pull strategy meliputi:bidang publisitas, sales promotion, personal selling dan push strategy meliputi: relationship of marketing sebagai konsep bisnis business to business. Push strategy yang diterapkan pada perusahaan PT. Asuransi Jaya Proteksi Malangini, dapat diukur melalui 3 (tiga) tahapan kegiatan komunikasi promosi, yaitu: ”to secure understanding”sebagai tahapan komunikasi untuk menciptakan rasa saling pengertian atas pesan yang diberikan, ”to motivating action” sebagai tahapan komunikasi untuk memotivasi atas pesan yang diterima, dan”to establish acceptance” sebagai tahapan komunikasi untuk memastikan pesan yang diterima mampu dijalankan dengan baik. Beberapa temuan penting lainnya adalah perusahaan PT. Asuransi Jaya Proteksi Malangini tidak mampu menerapkan pull strategy sebagai kebijakan internal perusahaan dalam berpromosi, hal ini membatasi strategi promosi secara komprehensif, sehingga tingkat retensi masyarakat pemegang polis terhadap jasa asuransi ternyata sebagai upaya ”to establish acceptance” dapat dikatakan tidak berhasil. Kesimpulannya strategi promosi jasa asuransi ”JaPro Car”di PT. Asuransi Jaya Proteksi Malang memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Walaupun strategi promosi melalui push-strategy masih dapat ditingkatkan, sehingga komunikasi dalam berpromosi dengan berjalan baik.