Efektifitas Tampilan dan Penempatan Iklan CIMB Niaga pada Billboard Milik CV. Jade Indopratama di Kawasan Soekarno-Hatta Malang Periode Agustus 2012 (Studi pada Mahasiswa FISIP Jurusan Ilmu Komunika
Main Author: | Ramadhana, SatriaEka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120292/1/skripsi_fix.pdf http://repository.ub.ac.id/120292/2/jurnal.pdf http://repository.ub.ac.id/120292/ |
Daftar Isi:
- Masalah tentang keefektifan media billboard dapat terjadi ketika khalayak tidak hanya kesulitan mencerna isi pesan karena tidak ada unsur dalam billboard tersebut yang dapat menarik perhatian, bahkan sering juga mereka acuh sebagai reaksi afektif mereka terhadap billboard yang ada di sekitar mereka. Contoh nyata yang paling sering terjadi adalah banyaknya khalayak yang tidak menyadari keberadaan billboard di suatu lokasi. Hal ini membuat iklan billboard CIMB Niaga yang berada di kawasan Soekarno Hatta Malang pantas diteliti keefektifitasannya. Penulis akan meneliti iklan CIMB Niaga tersebut dari dua aspek yaitu segi tampilan dan segi penempatan titik lokasinya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan teknik analisis Miles dan Huberman. Peneliti juga menggunakan teori layout media cetak dan efektifitas penempatan lokasi oleh Rhenald Kasali. Teori layout media cetak terdiri dari The Law of Unity, The Law of variety, The Law of balance, The Law of rhythm, The Law of harmony, The Law of proportion, dan The Law of scale. Penulis juga menggunakan teori AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, dan Action) sebagai teori tambahan untuk meningkatkan efektifitas pengukuran tampilan desain iklan yang ditampilkan. Pengukuran efektifitas penempatan lokasi di ukur dari komponen arus perjalanan, jenis produk, jangkauan, kecepatan arus lalu lintas, Persepsi orang tehadap lokasi, dan keserasian dengan bangunan di sekitarnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dengan memperhatikan analisa desain layout, AIDCA dan penempatan lokasinya, iklan billboard CIMB Niaga ini dapat dikatakan sudah cukup efektif penerapannya di mata khalayak yang pernah melihat iklan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa alasan personal seperti “sudah memiliki bank lain” menjadi hambatan bagi iklan ini dalam mempengaruhi tindakan akhir khalayak. Tapi karena penelitian yang dilakukan tidak fokus kepada perilaku khalayak maka hasil positif sudah dapat tercapai oleh iklan billboard CIMB Niaga versi “Mau Tarik Tunai di Seluruh Dunia?” dari segi tampilan dan pemilihan titik lokasinya.