Hubungan Antara Regulasi Diri dalam Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMP (Studi pada SMP Negeri 4 Malang)

Main Author: Hijrianti, UdiRosida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120287/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar siswa SMP. Hipotesis yang diajukan ada hubungan linier positif yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar siswa SMP. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Malang berjumlah 94 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling bertujuan. Alat ukur yang digunakan skala regulasi diri dalam belajar (38 aitem valid) dan dokumentasi prestasi belajar (nilai rapor). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment . Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi (r xy ) = 0,216 dengan tingkat signifikan p = 0,036 (p<0,05) artinya ada hubungan positif yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar siswa SMP. Hubungan dari regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP ini tergolong dalam kategori rendah. Sumbangan efektif regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi belajar sebesar 4,7%, sehingga sisanya sebesar 95,3 % disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan linier positif yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar siswa SMP.