Kesenjangan Kepuasan Pemirsa Televisi (Studi Komparatif Kesenjangan Kepuasan Masyarakat Kota Malang Atas Tayangan Program Talkshow Friends Di Antv Dengan Semangat Pagi Di Trans Tv Dalam Pendekatan Use

Main Author: Tristi, OktoNuansa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120265/1/SKRIPSI_PDF.pdf
http://repository.ub.ac.id/120265/
Daftar Isi:
  • Penulisan skripsi ini membahas mengenai kesenjangan kepuasan pemirsa televisi terhadap tayangan program talkshow Friends di ANTV dan Semangat Pagi di Trans TV. Kedua acara ini memiliki banyak persamaan mulai dari format acara dan isi yang ringan namun informatif. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratifications dengan pokok bahasan pada kesenjangan kepuasan antara Gratification Sought (GS) dengan Gratification Obtained (GO).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara gratification sought dan gratification obtained khalayak terhadap program talkshow Friends dan Semangat Pagi. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kuantitatif dengan format komparatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebar kuesioner, data yang masuk kemudian dikoding secara manual lalu diinterpretasikan. Sedangkan kesenjangan kepuasan dihitung dengan rumus statistikuji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa acara Friends dan Semangat Pagi mampu memberikan kepuasan kepada responden. Hal ini didapat dari adanya kesenjangan kepuasan yaitu nilai kepuasan yang dicari lebih kecil dari kepuasan yang diterima responden dari kedua acara tersebut. Selain itu tidak ada perbedaan yang signifikan antara gratification sought dan gratification obtained khalayak terhadap program talkshow Friends dan Semangat Pagi. Hal ini disebabkan oleh format dan kontenacara dari kedua tayangan talkshow tersebut hampir serupa dan waktu tayang kedua acara tersebut yang berdekatan, Friends pada pukul 08.00 WIB dan Semangat Pagi pada pukul 08.30 WIB sehingga khalayak tidak terlalu merasa ada yang berbeda pemuasan kebutuhannya.