Gaya Komunikasi Pimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Di Bank Jatim Cabang Utama Surabaya
Main Author: | Prestavianingrum, DeaTiva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120233/1/051203470.pdf http://repository.ub.ac.id/120233/ |
Daftar Isi:
- Dalam upaya menumbuhkan motivasi yang baik, diperlukan peran pimpinan dalam hal pengarahan dan memberikan petunjuk kepada karyawan guna meningkatkan kemampuan, kecakapan dan hal-hal positif karyawan. Komunikasi memelihara motivasi dengan memberikan penjelasan kepada karyawan tentang apa yang harus dilakukan, seberapa baik mereka mengerjakannya, dan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Disinilah faktor komunikasi pimpinan berperan. Dengan komunikasi yang efektif, tujuan pimpinan dalam memotivasi karyawan pun juga akan efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi pimpinan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan dan dampak gaya komunikasi pimpinan terhadap motivasi kerja karyawan di Bank Jatim Cabang Utama Surabaya. Penelitian ini bertipe kualitatif deskripstif yang pengumpulan datanya diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan penelaahan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis data oleh Miles & Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Lokasi penelitian di Bank Jatim Cabang Utama Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah gaya komunikasi pimpinan Bank Jatim Cabang Utama Surabaya termasuk dalam supportive style (penuh perhatian, menghindari kekuasaan, membuat keputusan dengan mempertimbangkan semua pihak, dan high sociability). Dampak gaya komunikasi terhadap motivasi kerja karyawan adalah tingginya motivasi. Karyawan menjadi lebih giat bekerja dan nyaman dengan pekerjaannya.