Peran CSR Dalam Menunjang Brand Image PT Pertamina RU V Kota Balikpapan. (Studi pada kegiatan CSR konservasi mangrove PT Pertamina RU V di kota Balikpapan)

Main Author: Suryana, Rini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120203/1/skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/120203/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai Peran CSR konservasi mangrove dalam menunjang Brand Image PT Pertamina RU V Kota Balikpapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana manfaat dan dampak konservasi mangrove bagi lingkungan kota Balikpapan dimana terdapat eksploitasi dari perusahaan minyak dan tambang PT Pertamina. Disamping itu penelitian ini juga bermanfaat untuk membedah lebih dalam tentang konsep dan aplikasi Corporate Social Responsibility dan Brand Image. Penelitian ini menggunakan teori triple bottom line yang dikemukakan oleh John Elkington pada tahun 1997. Dalam Triple Bottom Line, John Elkington mengembangkan konsep dalam istilah economic prosperity, environmental quality dan social justice atau lebih dikenal dengan profit, planet, people. Tipe penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Bagi masyarakat, konservasi mangrove tidak hanya memajukan sektor lingkungan, tetapi juga kesehatan, pendidikan serta perekonomian masyarakat sekitar. Sementara dari sisi media, Kaltimpost memandang konservasi mangrove PT Pertamina merupakan program CSR jangka panjang yang aktif dilakukan untuk menunjang perkembangan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan CSR Pertamina RU V secara keseluruhan berjalan baik dengan suksesnya Margasari dan Mangrove Center sebagai tempat obyek wisata di Balikpapan. Selain itu Pertamina menjalankan CSR harus seimbang dan sesuai dengan etika, esensi hukum dan moral yang ada di Indonesia. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa program konservasi mangrove PT Pertamina memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, dan hal tersebut secara tidak langsung mampu menunjang Brand image PT Pertamina RU V Balikpapan