Strategi Personal Selling oleh Agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar untuk Calon Pemegang Polis
Main Author: | Kristinawasti, Ayunda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120167/1/051203405.pdf http://repository.ub.ac.id/120167/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Strategi Personal Selling oleh Agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar untuk Calon Pemegang Polis. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan menganalisis bagaimanakah strategi personal selling yang dilakukan oleh Agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar untuk Calon Pemegang Polis. Lama penelitian ini yaitu selama tiga bulan untuk mendapatkan data penelitian. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan tipe penelitian adalah eksploratif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mengenai kegiatan personal selling yang dilakukan agen. Sumber data penelitian ini yaitu data primer yang merupakan narasumber yang berhubungan langsung dengan hal yang diteliti yaitu agen dan pemegang polis. Sedangkan data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari studi kepustakaan dan dokumenter. Penelitian ini menggunakan analisis domain, di mana terdapat Sembilan domain yang menjadi fokus penelitian. Berdasarkan analisis domain yang dilakukan agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar telah melaksanakan personal selling dengan baik. Hal itu memperhatikan penerapan komunikasi lintas budaya dan komunikasi antar pribadi. Selain itu agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar juga menerapkan fungsi-fungsi komunikasi persuasif dalam membujuk calon pemegang polis. Personal selling yang dilakukan juga dilakukan dengan tahap-tahap yang terstruktur dengan baik. Semua strategi personal selling tersebut diterapkan untuk menciptakan kredibilitas yang tinggi dari agen dan perusahaan. Hal tersebut dapat menyebabkan calon pemegang polis percaya pada agen dan membeli polis. Jika keahlian dan karakter yang kuat tidak ada pada agen, umumnya tidak akan berhasil mempengaruhi sikap calon pemegang polis untuk melakukan pembelian. Bila menggunakan strategi dan tahapan yang baik maka kepercayaan, kredibilitas, loyalitas dan sikap positif calon pemegang polis dapat dicapai oleh agen AJB Bumiputera 1912.