Penggambaran Maskulinitas Pada Penampilan Metroseksual Artis Korea Kim Heechul (Studi Semiotika Pada Foto Kim Heechul Dalam Akun Twitter @Heedictator)

Main Author: Azizah,Luluk
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120162/1/051202100.pdf
http://repository.ub.ac.id/120162/
Daftar Isi:
  • Globalisasi membawa gelombang budaya Korean Pop (K-Pop) tersebar di Indonesia. Perbedaan latar belakang budaya memunculkan berbagai pendapat dari masyarakat Indonesia tentang masuknya budaya K-Pop tersebut. Salah satu budaya K-Pop yang tengah marak adalah kelompok penyanyi pria yang berdandan trendy. Tidak jarang para anggota kelompok-kelompok penyanyi tersebut tampil dengan berbagai atribut dan make-up yang setara dengan standar berdandan wanita. Salah satunya adalah Kim Heechul yang merupakan anggota dari kelompok Super Junior. Popularitas kelompok ini cukup besar sehingga menjadi tolok ukur penampilan kelompok penyanyi lain di Korea maupun di Indonesia. Besarnya pengaruh budaya K-Pop yang ditularkan anggota Super Junior kepada masyarakat penghibur maupun masyarakat umum menimbulkan pertanyaan, apakah konsep maskulin kini telah berubah? Atau meskipun berdandan berat sebagai sosok penghibur, mereka tetap dianggap maskulin? Dalam penelitian ini penulis hendak mempelajari bagaimana sebenarnya penggambaran konsep maskulin dalam tampilan metroseksual yang ditampilkan melalui simbol-simbol pada foto Kim Heechul yang ada dalam twitternya @Heedictator. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan penggambaran maskulinitas pada penampilan pria metroseksual yang ditampilkan melalui simbol-simbol dalam foto Kim Heechul dalam twitternya @Heedictator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan semiotika. Analisis data menggunakan semiotika Roland Barthes untuk mendeskripsikan makna-makna denotatif dan konotatif, serta mitologi dari serangkaian tanda yang terdapat dalam penampilan Heechul dalam fotonya. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa maskulinitas yang digambarkan melalui penampilan metroseksual Heechul dalam fotonya tercermin dalam beberapa sikapnya, pemilihan warna pakaian, serta model rambutnya. Penampilan metroseksualnya merupakan produk yang sengaja dibentuk untuk mempengaruhi pasaran untuk memberi identitas bagi dirinya sebagai seorang