Analisis Manajemen Komunikasi Pada Program Komunikasi Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Dan Budaya Kabupaten Trenggalek Terkait Kunjungan Wisatawan Pada Tahun 2010-2011
Main Author: | Sarinastiti,EskaNia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120160/1/BAB_I.pdf http://repository.ub.ac.id/120160/2/BAB_II.pdf http://repository.ub.ac.id/120160/2/KATA_PENGANTAR_dll.pdf http://repository.ub.ac.id/120160/3/daftar_pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/120160/4/COVER.pdf http://repository.ub.ac.id/120160/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakseimbangan pembangunan di sektor pariwisata yang menyerang sektor pariwisata Kabupaten Trenggalek pada tahun 2010-2011. Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Budaya (Disporaparibud) Kabupaten Trenggalek sebagai penanggungjawab sektor pariwisata telah melakukan upaya manajemen komunikasi program-program komunikasi selama tahun 2010-2011 guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Meskipun dilakukan manajemen komunikasi tetap terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Trenggalek dari tahun 2010 ke tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen komunikasi pada program komunikasi Disporaparibud Kabupaten Trenggalek di tahun 2010 sampai dengan tahun 2011 untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu tipe penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Hubermen. Hasil penelitian yang dilakukan selama 6 bulan (Oktober 2011- Maret 2012) menunjukkan bahwa hasil analisis manajemen komunikasi mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian/pengawasan, dan evaluasi hasil program komunikasi. Perencanaan dan pengorganisasian program komunikasi oleh Disporaribud Kabupaten Trenggalek telah dilakukan dengan baik sesuai unsur-unsur komunikasi mencakup komunikator, pesan, media, khalayak, dan pengaruh yang diharapkan. Namun, hasil pelaksanaan ditunjukkan pada pengawasan/pengendalian program komunikasi bahwa hasil pelaksanaan tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Hasil tersebut didukung dengan adanya penurunan jumlah kunjungan wisatawan dari 485.255 wisatawan di tahun 2010 ke 394.814 wisatawan di tahun 2011. Evaluasi hasil program komunikasi Disporaparibud Kabupaten Trenggalek, mencakup tidak adanya strategi manajemen komunikasi yang baik pada program-program komunikasi; kurangnya penggunaan media komunikasi elektronik, cetak, dan new media; jarangnya dilakukan peng- update -an informasi pada beberapa media komunikasi seperti baliho wisata, buku info wisata, website , facebook , dan twitter ; SDM yang dimiliki kurang memadai; tidak adanya forum komunikasi dan pusat pelayanan informasi untuk masyarakat dan wisatawan.