Tweet Website Berita Sebagai Fitur Jurnalisme Online Media Massa (Analisis Isi Kuantitatif Pada Tweet Yang Dirilis @Kompasdotcom Selama Periode Januari Dan April 2012)

Main Author: Rohmah,AinunNi`matu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120159/1/2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/120159/2/3._PERNYATAAN%2CKAPENG%2CABSTRAK%2CCV.pdf
http://repository.ub.ac.id/120159/2/10._Daftar_Pustaka.pdf
http://repository.ub.ac.id/120159/3/4._DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/120159/4/1._COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/120159/
Daftar Isi:
  • Era new media telah mendorong perkembangan jurnalisme berbasis internet atau jurnalisme online. Konsep jurnalisme online setidaknya terdiri atas 3 karakteristik, yakni berita sebagai hiperteks, adanya dynamic content dan terjadi interaktivitas yang tinggi. Ketiga karakter tersebut dapat diamati dalam kegiatan distribusi berita oleh institusi media massa melalui situs media sosial Twitter. Meskipun Twitter memiliki keterbatasan penulisan yakni 140 karakter, Twitter juga memiliki keunggulan dalam hal rilis data yang realtime. Dalam sebuah tweet juga dapat ditautkan video, gambar serta menautkan akun lain berupa mention (@) dan hastag (#). Peneliti menggunakan metode Analisis Isi ( Content Analysis ) Kuantitatif pada akun @kompasdotcom. Sampel pada penelitian ini adalah tweet yang dirilis pada tanggal 7-21 Januari 2012 dan 7-21 April 2012 yang seluruhnya berjumlah 7.602 tweet. Peneliti mengombinasikan teknik manifest coding dan latent coding dalam pengumpulan data sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Proses penilaian data kemudian dibantu oleh dua coder lain yang melakukan decoding nilai berita. Sehingga isi tweet dapat diklasifikasikan ke dalam kategori tema yang mengadaptasi tema-tema Deutchmann. Selanjutnya, pembahasan dilakukan dengan teknik analisis statistika deskriptif dengan bantuan tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun @kompasdotcom lebih banyak merilis tweet secara otomatis berupa cuplikan berita dan URL menuju alaman KOMPAS.com. Tautan berupa mention ditemukan pada 1.9% dari seluruh sampel dan hanya menuju akun-akun kanal KOMPAS.com di Twitter. Hastag hanya terjadi empat kali, serta tidak ditemukan tweet mengandung gambar, video dan grafis selama penelitian. Format ini membuat banyak tweet bisa dirilis secara realtime namun, menghasilkan pola interaktivitas yang tidak beragam yakni 96% berupa re tweet . Tema-tema yang cenderung dirilis @kompasdotcom adalah Kriminal dan Hukum, Politik dan Pemerintahan serta