Gimmick sebagai Strategi Kreatif Periklanan dan Sponsorship dalam Media Televisi (Studi Fenomenologi mengenai Gimmick dalam Program MTV Insomnia Ngasur di Global TV Jakarta)

Main Author: Azarine, RatnaPrayudiptya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120144/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai " Gimmick sebagai Strategi Kreatif Periklanan dan S ponsorship dalam Media Televisi (Studi Fenomenologi Mengenai Gimmick dalam Program MTV Insomnia Ngasur di Global TV Jakarta)". Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai pendalaman, penggambaran, dan analisa tentang fenomena strategi kreatif gimmick dalam program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang menekankan pada pencarian universal menyangkut persoalan beberapa objek meliputi tindakan manusia, motif tindakan, dan nilai kepribadian. selain itu, penelitian ini menekankan pendekatan fenomenologi yang meliputi aspek subyektif dari perilaku manusia. Hasil dari penelitian ini mencakup tiga hal.yang pertama adalah gimmick sebagai strategi kreatif periklanan dan s ponsorship dalam tayangan MTV Insomnia "Ngasur" termasuk dalam media above the line , strategi yang digunakan dalam membuat gimmick disesuaikan dengan kebutuhan produk agar lebih efektif. Kedua ialah proses pembuatan gimmick yang terdiri dari dua tahapan, yaitu tahapan pengumpulan ide serta penyusunan konsep acara dan gimmick sponsor, yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan pembuatan alur cerita gimmick sponsor agar sesuai dengan acara MTV Insomnia "Ngasur". Ketiga adalah etika yang digunakan dalam membuat gimmick sponsor merupakan etika perusahaan, dalam hal ini, etika perusahaan adalah perjanjian yang disepakati oleh pihak sponsor dan marketing Global TV.