Persepsi Khalayak Dalam Memilih Radio Keluarga : Studi pada Komunitas Pendengar Aktif Radio MAS FM Malang
Main Author: | Dewi, WahyuKurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120130/ |
Daftar Isi:
- Penelitian tentang khalayak ini lebih memfokuskan pada realita sosial tentang pemahaman khalayak atas suatu media siar, dalam hal ini adalah media radio. Radio sebagai media komunikasi auditif, mempunyai kelebihan seperti halnya bisa membangkitkan sugesti, imajinasi dan emosi pendengar dengan penyampaian yang tepat. Namun dengan latar belakang audience yang beraneka ragam, maka persepsi individu terhadap suatu media penyiaran pun berbeda – beda. Dalam hal ini, khalayak mempunyai suatu kekuatan untuk memilih media sesuai dengan kebutuhannya, seperti yang dijelaskan dalam teori Uses and Gratification. Namun dalam pemilihan suatu media tersebut ada beberapa hal yang melatarbelakangi, seperti halnya pemaknaan suatu individu atas media tertentu. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian tentang audience ini dengan sasaran utamanya adalah persepsi pendengar terhadap unsur suatu radio keluarga yang meliputi persepsi khalayak terhadap penyiar radio keluarga, program acara radio keluarga, serta unsur penunjang program, dan bagaimana idealnya sebuah radio keluarga di mata pendengar. Dengan menggunakan tataran analisis deskriptif diharapkan bisa memberikan penjelasan secara luas bagaimana pemaknaan suatu individu dalam hal ini adalah khalayak media radio keluarga atas program acara yang ada, pembawaan penyiar radio keluarga, serta unsur pendukung program. Dengan adanya pemahaman terhadap sudut pandang khalayak media, diharapkan nantinya pemilik dan pelaku media bisa mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda sebelum membuat suatu keputusan atas garda depan suatu media. Pertimbangan – pertimbangan yang bisa dilakukan dari penelitian khalayak ini seperti halnya radio keluarga merupakan sebuah radio yang bisa memfasilitasi keseluruhan kebutuhan pendengar, baik kebutuhan informasi serta kebutuhan hiburan, disesuaikan dengan waktu serta target sasaran. Kemudian sajian musik yang dihadirkan setidaknya menyajikan musik yang cerdas, tidak neko – neko, bisa masuk ke semua kalangan. Informasi yang dihadirkan memiliki nilai aktualitas, humanisme, dan lokalitas yang tinggi, sehingga tetap bisa membantu menginformasikan budaya sendiri kepada generasi penerus. Program yang dihadirkan merupakan program yang kompleks, menyeluruh dan mewadahi kebutuhan semua anggota keluarga, mulai dari anak – anak sampai dewasa. Pembawa acara atau penyiarnya merupakan penyiar yang berkarakter, memiliki wawasan luas, konsistensi tinggi sehingga mampu membawakan program apapun, mampu memberikan motivasi ke audience , bisa membawa diri serta mampu memberikan timbal balik kepada pendengarnya.