Pengaruh Kepercayaan Karakter Personal Penjual Terhadap Keputusan Pembelian member pada Forum Jual Beli Kaskus, (Studi tentang persepsi ability, benevolence dan integrity penjual sebagai pembentuk kep
Main Author: | Wijaya, TrisnaHadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120089/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengukur variabel dan tingkat hubungan pengaruh antar variabel yang bersifat laten ( latent variable ) menggunakan variabel teramati ( observed variable ). Variabel laten dalam penelitian ini terdiri dari konstruk Kemampuan ( ability ) (X 1 ) , Niat Baik ( benevolence ) (X 2 ), Integritas ( integrity ) (X 3 ) , Kepercayaan ( trust ) (Y 1 ) dan Keputusan Pembelian ( purchase decision ) (Y 2 ). Sedangkan variabel teramati dalam penelitian ini adalah indikator-indikator yang digunakan untuk mengukur tiap-tiap variabel laten tersebut. Tingkat hubungan yang diukur adalah: (1) pengaruh langsung variabel eksogen persepsi terhadap karakter penjual yang terdiri dari ability (X 1 ) , benevolence (X 2 ) dan integrity (X 3 ) terhadap variabel endogen kepercayaan (Y 1 ); (2) pengaruh tidak langsung ke tiga variabel eksogen tersebut terhadap variabel endogen lain keputusan pembelian (Y 2 ); serta (3) pengaruh langsung variabel endogen kepercayaan (Y 1 ) terhadap variabel endogen keputusan pembelian (Y 2 ). Untuk menguji pengaruh antar variabel eksogen dan endogen, metode penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Data dikumpulkan menggunakan metode Accidental Sampling dan Purposive Sampling melalui kuesioner online yang disebarkan kepada member forum komunitas virtual Kaskus dan diperoleh responden sebanyak 220 orang. Selain itu juga menggunakan data hasil observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder adalah artikel yang relevan dengan topik penelitian dan penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil analisis Maximum Likelihood Estimates menggunakan software Amos 6.0 diketahui bahwa semua variabel eksogen ( ability, benevolence dan integrity ) memiliki pengaruh langsung terhadap variabel endogen kepercayaan, namun variabel yang memiliki pengaruh langsung terbesar terhadap kepercayaan adalah integrity dengan nilai direct effects sebesar 0,345. Variabel integrity juga menjadi variabel eksogen yang memiliki pengaruh tidak langsung terbesar terhadap variabel endogen keputusan pembelian dengan nilai indirect effects sebesar 0,195. Sedangkan variabel endogen kepercayaan memiliki pengaruh total terbesar dengan nilai total effects sebesar 0,566 terhadap variabel endogen keputusan pembelian. Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa variabel kepercayaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sedangkan variabel karakter personal yang memiliki pengaruh positif dan signifikan untuk membentuk kepercayaan member terhadap penjual pada FJB Kaskus adalah ability dan integrity . Variabel benevolence, meskipun tidak signifikan, juga memberikan pengaruh secara positif terhadap kepercayaan. Dapat dikatakan bahwa penting bagi penjual yang beraktivitas pada FJB Kaskus dalam membangun kepercayaan konsumen melalui penonjolan karakter ability, benevolence dan integrity untuk meningkatkan peluang terjadinya transaksi pembelian.