Pengaruh Dimensi Terpaan Iklan Indomaret pada Media Televisi terhadap Kunjungan Konsumen pada Gerai Ritel (Studi pada Konsumen Indomaret di Kawasan Jalan Soekarno Hatta di Kota Malang)
Main Author: | Patria, Arsy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120076/ |
Daftar Isi:
- Televisi merupakan media yang mencakup audiens yang sangat luas, sehingga sering dimanfaatkan oleh pemasar untuk memasarkan produk atau jasa dengan kegiatan periklanan. Iklan mampu memberikan informasi, mengingatkan, hingga mempersuasi pemirsa untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan oleh pemasar. Pada saat ini, iklan tidak hanya dimanfaatkan oleh pemasar produk untuk mempersuasi konsumen membeli produknya atau pemasar jasa saja, namun juga dimanfaatkan oleh pelaku bisnis ritel (eceran) untuk mendorong konsumen untuk melakukan kunjungan dan transaksi pada gerai-gerai ritel. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan ( explanation ). Rancangan penelitian seperti ini dapat menjelaskan ( explanatory research) atau menyoroti hubungan antara variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga adanya pengaruh antara variabel dimensi terpaan iklan terhadap variabel kunjungan konsumen pada gerai ritel. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Indomaret pada kwasan Jalan Soekarno Hatta Malang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin , untuk populasi sebanyak 15000, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 sampel, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, korelasi sederhana dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian, semua data ternyata valid dan reliabel sehingga dapat dianalisis lebih lanjut dengan teknik analisis regresi linier sederhana dengan persamaan Y = 32,4 + 0,63 X. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana pengaruh dimensi terpaan iklan terhadap kunjungan konsumen pada gerai ritel diperoleh dari F hitung = 0,394 dengan menggunakan Sig F = 0,532 dan koefisien determinasi sebesar = 0,004. Karena F hitung lebih kecil dari F tabel = 2,7 dan sig.F lebih besar dari 0,1 maka dapat diambil keputusan menerima H 0 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel dimensi terpaan iklan Indomaret (X) yang terdiri dari tiga indikator antara lain frekuensi, durasi, dan intensitas, tidak memengaruhi kunjungan konsumen pada gerai ritel(Y).