Analisis Gaya Hidup Konsumen Terhadap Pengembangan Produk Baru ( Studi Pada Pengguna Telepon Seluler NOKIA di Kota Malang)”

Main Author: Qatrin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120073/
Daftar Isi:
  • Konsumen saat ini hidup dengan berbagai macam kebutuhan dan produsen akan berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam upaya untuk memenangkan pasar, produsen dituntut untuk memahami perilaku konsumen. Salah satu faktor yang banyak mempengaruhi perilaku konsumen saat ini adalah gaya hidup. NOKIA sebagai salah satu produsen telepon seluler yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumennya memerlukan penelitian mengenai gaya hidup sebagai awal munculnya ide pengembangan produk baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya hidup konsumen yang dapat dijadikan ide awal untuk pengembangan produk baru. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan konsep pemasaran, perilaku konsumen yang didalamnya juga membahas mengenai teori gaya hidup konsumen, serta teori mengenai pengembangan produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Peneliti memilih deskriptif kualitatif karena disesuaikan dengan tujuan dari penelitian ini sendiri yaitu mendeskripsikan gaya hidup konsumen yang dapat dimanfaatkan produsen sebagai ide pengembangan produk baru. Sumber data didapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan subjek penelitian yaitu konsumen telepon seluler di Kota Malang yang dipilih dan ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling , arsip perusahaan, serta observasi. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya faktor-faktor gaya hidup saat ini yaitu konsumen yang sangat peduli dengan proses sosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, membutuhkan nilai prestise , kepraktisan dan mencari nilai kebutuhan serta keinginan pribadinya dari suatu barang. Faktor-faktor tersebut dapat dikembangkan dalam produk melalui fitur, model/ packaging , harga, kualitas dan iklan dari suatu produk.