Analisis Isi Radar Malang Dan Malang Post Dalam Memberitakan Aktivitas City Branding Kota Batu Sebagai Kota Wisata

Main Author: Sasmito,NandaGilang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120052/1/Sampul%2C_Daftar_Isi_dll.pdf
http://repository.ub.ac.id/120052/1/Daftar_Pustaka.pdf
http://repository.ub.ac.id/120052/2/Skripsi_Nanda_Gilang.pdf
http://repository.ub.ac.id/120052/3/CV.pdf
http://repository.ub.ac.id/120052/
Daftar Isi:
  • Kota Batu merupakan salah satu daerah unggulan wisata di Provinsi Jawa Timur yang dituntut untuk terus memunculkan terobosan baru dalam mempromosikan keunggulan wisatanya. Kota Batu memiliki keunggulan wisata mulai dari panorama alam yang indah dan udara yang sejuk hingga wisata buatan yang menarik. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Batu, dibawah kepemimpinan Walikota Eddy Rumpoko menggagas brand baru Kota Batu, yaitu “Kota Wisata Batu”. Masyarakat juga turut serta dalam mempromosikan pariwisata Kota Batu termasuk media massa. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) untuk bulan April-Mei 2010 menunjukkan bahwa Jawa Post (Radar Malang) menduduki urutan pertama dan Malang Post menduduki urutan kedua sebagai koran yang paling banyak dibaca oleh masyarakat Malang Raya. Hal ini yang menjadi alasan penulis memilih Radar Malang dan Malang Pos sebagai objek penelitian. Adapun penelitian ini Menganalisis peran Radar Malang dan Malang Pos dalam mendukung aktivitas city branding “Kota Wisata Batu” dengan batasan penelitian adalah ingin mengetahui apa topik dan nada pemberitaan pada Radar Malang dan Malang Post edisi April 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Dengan menggunakan teknik purposive sampling , peneliti berhasil mengumpulkan 71 berita yang sesuai dengan rumusan penelitian. Adapun teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah tabel distribusi frekuensi. Dari tabel distribusi frekuensi dapat dilihat berapa besar