Pola Interaksi Penjual dan Pembeli di Pasar Tradisional (Studi Kasus Tentang Clientelism Dalam Sistem Economy Bazaar di Pasar Wage Desa Selorejo Kabupaten Blitar)
Main Author: | Hermawan, Nicko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120043/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memfokuskan pada bentuk interaksi penjual dan pembeli dalam pola hubungan clientelism yang ada di Pasar Wage, penulis juga ingin mengetahui bentuk pencarian informasi yang dilakukan pelaku untuk membentuk pola hubungan clientelism. Dengan menggunakan konsep teoritis Clifford Geertz mengenai sistem economy bazaar. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, maka dapat di ketahui bentuk interaksi dan pencarian informasi pelaku di pasar dalam pola hubungan clientelism. Interaksi yang dilakukan penjual dan pembeli terwujud dalam bentuk tindakan tawar-menawar. Tawar-menawar adalah tindakan untuk mendapatkan informasi harga dan kualitas komoditi. Tindakan yang dilakukan secara intens para pelaku menimbulkan terbentuknya keterlekatan diantaranya. Keterlekatan yang terjadi melampaui sistem yang ada, interaksi dan tindakan yang dilakukan melampaui tindakan ekonomi pelaku. Tindakan tersebut dinamakan clientelism atau hubungan berkelanjutan. Tawar-menawar merupakan sistem yang ada di pasar, namun dengan adanya pola hubungan tersebut maka sistem yang ada tidak berjalan dengan semestinya. Pencarian informasi yang dilakukan kedua pelaku dengan berinteraksi baik di luar maupun di dalam pasar. Keterlekatan antar pelaku memudahkan persebaran informasi yang di peroleh. Dalam penelitian ini diperoleh bahwa interaksi yang terjadi antar pelaku dilakukan adalah upaya untuk membentuk dan menjaga pola hubungan clientelism. Interaksi tidak hanya berkaitan dengan kegiatan transaksi di Pasar Wage, bahkan juga menyangkut tindakan sosial seperti kegiatan hajatan, pengajian atau menceritakan keadaan rumah tangga.