Pola Kreatif Acara Dongeng Dalam Program Majalah Keluarga Di MAS FM Malang

Main Author: Widyastuti, GilangCempaka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120042/
Daftar Isi:
  • Mendongeng merupakan suatu bentuk komunikasi yang mulai jarang dilakukan saat ini. Padahal, kekuatan dongeng cukup besar, salah satunya mampu merubah perilaku serta menanamkan nilai-nilai moral pada anak. Radio MAS FM Malang, sebagai salah satu radio swasta yang bersegmen keluarga, berusaha merangkul pendengar anak-anak untuk dapat kembali menyukai cerita dongeng. Melalui program Majalah Keluarga, cerita dongeng tersebut disiarkan secara live . Oleh karena itu, untuk mewujudkan visi program dan menghadapi persaingan bisnis radio di Malang, MAS FM menggunakan pola kreatif agar program tersebut tetap menarik dan bertahan di hati pendengar. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana gambaran pola kreatif penyiaran dongeng radio dalam program Majalah Keluarga. Penelitian ini berparadigma interpretatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan In-dept interview atau wawancara mendalam. Hasil penelitian menyebutkan pola kreatif yang dilakukan MAS FM untuk dongeng radio lebih menekankan pada format acara dan kegiatan pendukung yang dilakukan manajemen, meliputi pemutaran musik lintas segmen (tak hanya lagu anak-anak tetapi juga memutarkan lagu dewasa) dengan tempo sedang (middle) . Bahkan, pemutaran lagu dewasa ini memiliki porsi lebih banyak daripada lagu anak-anak. Selain itu, memvariasikan program dengan mendatangkan guest announcer anak untuk mendongeng, siaran dongeng yang selalu live, membuka kesempatan kepada pendengarnya dalam dongeng by request, dan memberikan reward untuk pendengar berupa gimmick yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.