Pengaruh Pesan Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Merk Pocari Sweat Versi Youth, Sweat, Beautiful (Studi pada Mahasiswi Aktif Tahun 2004 Sampai 2010 Fakultas Ilmu Sosial dan

Main Author: Zakariya, MohKaharudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120029/
Daftar Isi:
  • Iklan sebagai salah satu elemen promosi merupakan suatu strategi yang umum dipakai perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya dengan cara mengenalkan produk dan memperkuat posisi di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Bagi sebagian perusahaan, iklan melalui media televisi menjadi salah satu pilihan yang menarik, disamping jangkauan yang luas, juga adanya hiburan sangat mendukung pembentukan persepsi serta menimbulkan ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian terhadap suatu produk. Media televisi merupakan media yang menggunakan warna, suara, gerakan, dan musik, oleh karena itu sebuah biro iklan yang ditunjuk oleh suatu perusahaan harus benarbenar memperhatikan isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan yang akan digunakan dalam pembuatan sebuah iklan di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pesan Iklan Pocari Sweat “Youth, Sweat, Beautiful” terhadap keputusan pembelian produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode survey terhadap 94 responden mahasiswi aktif tahun ajaran 2004-2010 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatanUniversitas Brawijaya dengan menggunakan stratified sampling . Berdasarkan hasil análisis regresi sederhana pengaruh pesan iklan terhadap keputusan pembelian produk diperoleh persamaan regresi Y = -4.037 + 0.099 X 1 + e, dari Dari nilai F hitung menunjukkan nilai sebesar 166.374 (signifikansi F= 0,000), dengan F hitung >F tabel (166.374 > 3.945) atau Sig F < 5% (0.000 < 0.05), maka dapat diambil keputusan tolak H 0 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama Pesan Iklan (X) yang terdiri dari empat indikator, yaitu Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).